oleh

Puluhan Kepala Sekolah Dilantik, Kadisdik Aceh: Selamat Bertugas

Banda Aceh-Sedikitnya, 56 Kepala SMA/SMK dan PKLK dibawah Dinas Pendidikan Aceh dilantik.Prosesi pelantikan, pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si, di aula Dinas Pendidikan setempat, Senin, 16 April 2018.

“Selamat bertugas danhendaknya dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab.Tentunya, sebagaimana termaktub dalam Permendiknas nomor 13 tahun 2007, yang bahwa seorang Kepala Sekolah harus memiliki sedikitnya lima kompetensi yaitu, manajerial, kewirausahaan, supervisi, kepribadian dan kompetensi sosial,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si, saat menyampaikan sambutan pada pelantikan tersebut.

Dikatakan, di era yang maju dan modern seperti saat ini, dimana kemajuan teknologi informasi berkembang sangat pesat, sehingga Kepala Sekolah dituntut untuk mampu memanfaatkannya dengan baik guna keperluan manajemen dan informatika maupun untuk mengembangkan bahan ajar.

“Proses pembelajaran dan evaluasi seperti PPDB Online, Website Sekolah, Media Pembelajaran, Pelaporan, Ujian Berbasis Komputer, Kelas Maya dan sebagainya, harus terus dikembangkan untuk mengimbangi kemajuan pendidikan global,” katanya.

Sebab, menurut Laisani, beragam informasi dan pengetahuan terus berkembang, maka sekolah pun harus menyambutnya dengan positif dan antusias.

“Kepala sekolah haruslah menjadi seorang perencana yang mampu mengerahkan segenap sumberdaya manusia, untuk menyusun perencanaan jangka pendek maupun jangka menengah guna pengembangan sekolah sesuai dengan perkembangan zaman dan mampu membuat perubahan di masyarakat,” tuturnya.

Dengan demikian, sambung Kadisdik Aceh ini, sekolah diharapkan menjadi agen perubahan.Disamping itu, kepala sekolah juga dituntut menjadi seorang kreator iklim kondusif yang mampu menciptakan budaya serta iklim sekolah yang kondusif dan atraktif seperti menumbuhkan budaya belajar, kerjasama, prestasi, membuat lingkungan sekolah sejuk dan teduh.

“Sehingga, proses pembelajaran berlangsung tenang, nyaman dan menyenangkan sebagaimana berlangsung dicetuskan oleh Kihajar Dewantara melalui konsep sekolah sebagai taman siswa yang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi peserta didik dalam belajar,” sambungnya.[]

(Editor | Hendra S)

 

Facebook Comments

Komentar

News Feed