oleh

Punya Banyak Anak Bisa Percepat Penuaan si Ibu, Berapa Maksimalnya?

PERNAH dengar pepatah yang menyebutkan ‘banyak anak banyak rezeki’? Bagi beberapa orang mungkin hal itu terbukti benar, namun siapa sangka ada efek samping bagi ibu yang memiliki banyak anak.

Sebuah penelitian terbaru mencatat, wanita dengan banyak anak, terutama lebih dari empat atau lima, mungkin akan tampak lebih tua karena dapat mempercepat penuaan sel.

Menurut para peneliti, ada bukti yang menunjukkan bahwa memiliki lebih banyak anak dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu dan memperpendek umur. Penuaan seluler dipercepat setelah enam bulan hingga dua tahun sejak kehamilan.

“Studi kami menunjukkan perubahan seluler selama kehamilan, perubahan adaptif dalam sistem kekebalan ibu menjadi penjelasan yang sangat masuk akal,” kata Christopher Kuzawa dari Northwestern University di AS, seperti dilansir dari OKEZONE.COM, Senin (30/7/2018).

Ilustrasi Wajah.(FOTO | OKEZONE.COM)
Ilustrasi Wajah.(FOTO | OKEZONE.COM)

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, tim mengumpulkan data dari sekira 3.200 wanita berusia antara 20 hingga 22 tahun, dan melihat dua tanda dari penuaan seluler, yaitu telomere length, yakni pelindung di ujung untaian DNA dan usia epigenetik.

“Panjang telomere dan usia epigenetik adalah penanda seluler yang secara independen memprediksi kematian, dan keduanya muncul lebih banyak pada wanita yang memiliki lebih banyak kehamilan, dalam sejarah reproduksi mereka,” tambah Calen Ryan.

“Bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi penuaan sel, jumlah kehamilan masih keluar di urutan atas,” tambah Ryan.

Menurutnya, usia biologis seorang wanita lebih tinggi dengan bertambahnya setiap anak yang dia miliki, sementara tingkat telomere lebih rendah tampak ‘lebih muda’ dari yang diperkirakan untuk usia kronologisnya.

“Ini adalah situasi yang menarik, di mana saat kehamilan membuat seseorang tampak lebih muda sementara, tetapi dampak kumulatifnya antara jumlah kehamilan dan usia biologis lebih cepat,” kata Kuzawa.[]

(Sumber | OKEZONE.COM)

Komentar

News Feed