full screen background image

Ratusan Warga Simeulue Kembali ke Kampung

Share Button
Penumpang

Penumpang yang terlantar selama sepekan di Laubahn Haji, Aceh Selatan, tiba di Simeulue, Sabtu (23/7/2016). Ratusan penumpang disambut oleh Pemkab Simeulue serta pihak terkait termasuk Rapi dan Tagana Simeulue. FOTO | ACEH.TRIBUNNEWS.COM 

Sinabang-Ratusan warga Simeulue yang sebelumnya sempat telantar di Pelabuhan Labuhan Haji, Aceh Selatan karena kapal tak bisa berlayar disebabkan cuaca buruk, Sabtu sore kemarin tiba kembali di kampung halaman disambut dengan suasana suka cita, meski wajah mereka terlihat lelah.

Kapal yang mengangkut ratusan penumpang itu tiba di Simeulue sekitar pukul 15.00 WIB, Sabtu (23/7) setelah delapan jam lebih berlayar dari Pelabuhan Labuhan Haji. Puluhan aktivis organisasi sosial dan organisasi masyarakat bersama dengan pejabat Pemkab Simeulue menyambut penumpang yang terlihat cukup kelelahan ketika mendarat di Pelabuhan Kuta Batu, Simeulue Timur.

Ratusan nasi bungkus dan makanan ringan langsung diserahkan kepada penumpang yang baru turun dari kapal. Tim dari BPBD Simeulue, Dinas Sosial, Dishubkomintel, relawan RAPI, Tagana, anggota KNPI, dan Orari terlibat dalam aksi sosial tersebut.
Wakil Bupati Simeulue, Hasrul Edyar didamping Kepala Bappeda Simeulue Ibnu Abbas dan sejumlah kepala SKPK lainnya ikut menyambut para penumpang yang baru mengakhiri hari-hari sulit mereka.

“Sudah saatnya kita mengusulkan kapal yang lebih besar untuk kelancaran arus penumpang maupun barang ke daerah kita,” kata Hasrul Edyar.

Menurut Hasrul, pihaknya akan terus membantu kelancaran pemulangan warganya yang masih tertahan di Labuhan Haji. “Tadi saya lihat jumlahnya sekitar 500-an orang dan masih ada yang tidak terangkut dari sana. Selain mengutamakan penumpang kita harap truk yang membawa sembako juga diprioritaskan untuk penyeberangan,” kata Wabup Simeulue.

Wakil Bupati Simeulue mengatakan atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi aksi sosial yang dilakukan semua pihak selama terjadinya gangguan pelayaran yang mengakibatkan banyak warga Simeulue telantar di Labuhan Haji maupun di Simeulue. Dengan aksi sosial itu banyak masyarakat Simeulue yang tertolong.

Sumber | ACEH.TRIBUNNEWS.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM