full screen background image

Razia Kos-kosan di Tamansari, Penghuni Melarikan Diri

Share Button
ilustrasi

photo caption: type.dvrlists.com/RIBUTRUKUN.COM 

Jakarta-Mendengar puluhan petugas Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat akan menggelar razia kos-kosan di Kelurahan Tamansari, Jakarta Barat, sontak penghuni di‎ kawasan hiburan malam itu mengambil langkah seribu. Petugas memulai razia di RT 02 kemudian di RT06, 10 RW 02, Jalan Mangga Besar. Petugas gabungan dari Kelurahan Tamansari, Satpol PP, Sudin Dukcapil, Sudin Penataan Kota Jakbar tiba-tiba merangsek masuk.

Hasan, tukang ojek yang biasa mangkal di kawasan tersebut mengungkapkan, dirinya melihat razia tersebut. Kata dia, ketika mendengar ada petugas merazia kos-kosan, penghuni kosan sebelahnya panik dan kabur

“Mendengar kosan sebelah dirazia, orang-orang kosan lain jadi keluar kabur. Ada yang jalan kaki, dan naik ojek. Mungkin takut karena mereka tak punya KTP,” ujar Hasan, kepada wartawan di lokasi, Rabu (29/4/2015).

Untuk diketahui di Kelurahan Tamansari memang banyak sekali rumah dijadikan kos-kosan. Penghuninya pun lebih banyak yang merupakan pekerja di lokasi hiburan malam di kawasan Mangga Besar.

“Memang di sini banyak kos-kosan, yang tinggal banyak ceweknya, biasanya mereka ngojek sama kita untuk ke tempat kerja,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Jakarta Barat, M. Yuliadi menjelaskan, ada sebanyak 10 pasangan yang diduga kumpul kebo berhasil terjaring ketika petugas meringsek kedalam kos-kosan.,

“Ada sepuluh pasangan yang diduga kumpul kebo, mereka tinggal satu kosan, tapi tanpa surat nikah. Dan saat petugas masuk, banyak yang pada kabur penghuni kosannya, malah ada yang mengaku sudah nikah siri,” ujar Yuliadi kepada wartawan.

Razia di wilayah Tamansari, kata dia, ada 260 orang yang mendapatkan surat peryataan. Dan 108 orang diantaranya dari luar daerah dan harus membuat Surat Kelerangan Domisili Semenlara (SKDS), dan serta 152 orang warga DKI Jakarta.

“Untuk warga DKI Jakarta hanya diberikan peringatan,” beber Yuliadi yang mengungkapkan tak hanya di Taman Sari saja, petugas Pemkot melakukan razia di Kelurahan Grogol Petamburan, diwilayah tersebut terdapat dua orang pasangan kumpul kebo, sedangan penghuni luar daerah sebanyak 197 orang.

“Kita sedang mendata KTP mereka, buat yang kedapatan berpasangan saat dirazia, ‎kita minta mereka menunjukan surat nikahnya,” pungkasnya.

SUMBER | HARIANTERBIT.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.