full screen background image

Relawan Ini Bakal Datangi Rumah Warga, Ada Apa?

Share Button
Relawan TB

Walikota Banda Aceh Illiza Sa`aduddin Djamal, saat melepas relawan ketuk pintu penyakit Tuberkolosis (TB), Minggu, 3 Maret 2016, di kantor Camat Lueng Bata, Kota Banda Aceh.

Banda Aceh–Guna menyampaikan informasi terkait penyakit Tuberkolosis (TB), para relawan ketuk pintu penyuluh bakal mendatangi rumah warga.

Para relawan akan mendatangi dari rumah ke rumah guna menyampaikan informasi yang benar tentang penyakit TB agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit TB dan bagaimana cara menghidarinya.

Relawan tersebut telah dilepaskan Walikota Banda Aceh Illiza Sa`aduddin Djamal, Minggu, 3 Maret 2016, yang dipusatkan di Kantor Camat Lueng Bata, Kota Banda Aceh, sekaligus dalam rangka peringantan hari TB se- dunia dan Pekan Parade TB Days.

“Kegiatan ini merupakan sebuah upaya guna memberikan kesadaran kepada masyarakat agar diketahui dan bagaimana gejala TB tersebut. Sehingga kita harapkan nantinya dapat menurunkan tingkat prevalensi dan kematian akibat TB,” ungkap Illiza.

Illiza mengatakan masih banyak warga yang belum mengetahui tentang bahaya TB, Maka Di situlah peran relawan bertugas untuk mensosialisasiknnya.

Ia menambahkan sejumlah penyakit yang kerap menjadi momok di masyarakat, tuberkulosis relatif tidak masuk daftar penyakit yang mengkhawatirkan.

Lanjut dia, penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut ternyata merupakan salah satu penyakit menular dengan angka tertinggi di Indonesia.

“Namun perhatian masyarakat terhadap penyakit ini masih kurang. Hal ini mungkin dapat kita lihat dengan tidak pedulinya orang-orang yang merokok di depan orang ramai. Bahkan ditempat-tempat umum seperti di taman bermain anak-anak,” lanjut Illiza.

Menurutnya, penyebaran TB masih harus terus diwaspadai, sebab penyakit ini termasuk mudah menular dan membutuhkan perawatan jangka panjang yang tekun.

“Lingkungan yang tidak bersih ditambah cahaya matahari yang tidak masuk ke dalam rumah, sehingga TB mudah berkembang, merupakan faktor utama timbulnya penyakit TB (Tuberkulosis) pada manusia,” tukasnya.

Reporter | Hidayat

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM