oleh

Riance: Iklan dan Berita Kandidat Dilarang Saat Masa Tenang

Share Button
pilkada
ilustrasi. FOTO | JAWAPOS.COM 

Tebo-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tebo mengimbau media massa tak menayangkan iklan dan berita terkait pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada masa tenang pilkada. Pihaknya menetapkan tiga hari masa tenang sejak 12 hingga 14 Februari atau sehari sebelum pemungutan suara.

Komisioner KPU Tebo Riance Juskal mengatakan, larangan itu diatur dalam Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2016 tentang Kampanye. Dia mengatakan, segala informasi yang menguntungkan atau merugikan kandidat tak boleh dipublikasikan pada masa tenang itu.

Pada Pasal 52 Peraturan KPU tentang Kampanye disebutkan, “Selama masa tenang media massa cetak, elektronik dan lembaga penyiaran, dilarang menyiarkan iklan, rekam
jejak Pasangan Calon, atau bentuk lainnya yang mengarah kepada kepentingan Kampanye yang menguntungkan atau merugikan Pasangan Calon.”

Sementara, larangan kampanye bagi peserta Pilkada di masa tenang diatur pada Pasal 49 aturan yang sama. Jika ada pelanggaran, sanksi pidana dapat dikenakan pada oknum yang melakukan kampanye di masa tenang.

“(Sanksi) tak hanya berlaku bagi pasangan calon namun juga tim pemenangan dan orang per orang,” katanya. Sanksi kampanye di luar jadwal tercantum pada Pasal 187 ayat 1 Undang-undang Pilkada Nomor 1 Tahun 2015.

“Setiap orang yang dengan sengaja melakukan Kampanye di luar jadwal waktu yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk masing-masing calon, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 15 hari atau paling lama 3 bulan dan/atau denda paling sedikit Rp100 ribu atau paling banyak Rp1 juta,” katanya.

SUMBER | IMCNEWS.ID 

Facebook Comments

Komentar

News Feed