full screen background image

Ribuan Warga Fakir Miskin Kota Banda Aceh Terima Zakat

Share Button
antri zakat

Ribuan warga fakir miskin Kota Banda Aceh, sedang menunggu penyaluran zakat dari pemerintah kota (pemko) yang disalurkan melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh, Sabtu, 2 Juli 2016, di halaman Balai Kota Banda Aceh. (Foto | Ist)

Banda Aceh-Sebanyak 6.547 warga fakir dan miskin di kota Banda Aceh menerima zakat dari pemerintah setempat yang disalurkan melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh. Penyaluran zakat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal di halaman Balai Kota Banda Aceh, Sabtu, 2 Juli 2016.

Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal menyebutkan ribuan penerima zakat tersebut tersebar di 9 kecamatan di Kota Banda Aceh. Penerima zakat, kata Illiza di bagi dalam dua kelompok yakni fakir dan miskin. Untuk fakir diberikan Rp 800 ribu, sedangkan miskin Rp 600 ribu per orang,” katanya.

“Warga fakir dan miskin ini direkrut oleh masing-masing kepala desa setempat guna mendapatkan bantuan zakat konsumtif ini,” ujarnya.

Penyaluran zakat ini, kata Illiza sengaja dilakukan menjelang lebaran Idul Fitri, menginggat kebutuhan masyarakat semakin meningkat dalam menghadapi hari raya.

“Kebutuhan masyarakat di bulan ramadhan kan sangat besar, apalagi menjelang lebaran,” katanya.

Dikatakannya, jumlah zakat yang diterima oleh Baitul Mal pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, dimana pada 2015 lalu penerimaan zakat sebesar 12 milliar, sedangkan tahun ini 16 milliar lebih.

“Ini artinya kesadaran masyarakat dalam membayar zakatnya sudah cukup baik,” ungkapnya.

Wali Kota juga menghimbau masyarakat ekonomi yang mampu bisa menyalurkan zakatnya ke Baitul Mal Kota Banda Aceh.

“Semakin besar zakat yang disalurkan, kesejahteraan masyarakat pun bisa makin meningkat,” katanya.

Reporter | Hidayat

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM