full screen background image

Ronaldo dan Nani Antar Portugal ke Final Piala Eropa 2016

Share Button
C. Ronaldo

Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Wales di menit 50, pada babak ke dua. (Foto | Getty Images/Stu Forster/SPORT.DETIK.COM)

Lyon-Portugal jadi tim pertama yang lolos ke final Piala Eropa 2016. Cristiano Ronaldo dan Nani jadi bintang dalam kemenangan 2-0 mereka atas Wales.

Bagi Portugal sendiri, ini adalah kemenangan pertama mereka dalam 90 menit selama perhelatan Piala Eropa 2016 ini. Setelah mendominasi babak pertama, Portugal tampil agresif di babak kedua. Hasilnya, mereka mencetak dua gol dalam selang waktu tiga menit; dari Ronaldo di menit ke-50 dan Nani di menit ke-53.

Wales, yang tampil tanpa salah satu gelandang andalannya, Aaron Ramsey, kesulitan untuk membangun serangan di babak kedua. Gareth Bale sempat mendapatkan beberapa peluang lewat tendangan dari luar kotak penalti, tapi gagal menghasilkan gol.

Dengan begini, Portugal tinggal menanti pemenang dari duel Jerman vs Prancis. Final akan dihelat pada Senin (11/7/2016) dini hari pukul 02.00 WIB.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Kamis (7/7/2016) dini hari WIB, kedua kesebelasan sama-sama tampil ofensif. Namun, di sekitar 15 menit pertama pertandingan, Portugal tampil relatif dominan. Tim besutan Fernando Santos itu lebih sering mengancam pertahanan Wales ketimbang sebaliknya.

Kendati begitu, tidak ada satu pun attempts (percobaan untuk mencetak gol) yang dilepaskan Portugal pada 15 menit pertama tersebut. Seringkali, serangan yang mereka bangun dari sisi sayap berakhir kurang baik di sepertiga akhir lapangan.

Baru pada menit ke-16, Portugal mendapatkan attempts pertama mereka. Gelandang Portugal, Joao Mario, melakukan tusukan dari sisi kanan. Ia kemudian melepaskan sepakan kaki kanan, namun tendangannya masih melenceng tipis.

Di sisi lain, Wales mulai bangkit. Dua menit setelah peluang Joao Mario, mereka membalas lewat Gareth Bale. Berawal dari sebuah sepak pojok di sisi kanan pertahanan Portugal, bola diarahkan datar kepada Bale. Pemain Real Madrid itu kemudian melepaskan sepakan first-time kaki kiri, tetapi tembakannya melambung.

Empat menit berselang, Bale kembali mendapatkan peluang. Kali ini, ia menggiring bola sendirian dari sisi kanan. Begitu mendekati kotak penalti, Bale langsung melepaskan sepakan keras kaki kiri. Sial baginya, tendangannya mengarah tepat ke tangkapan kiper Portugal, Rui Patricio.

Sementara itu, semenit menjelang berakhirnya babak pertama, gantian Cristiano Ronaldo yang mendapatkan peluang. Dari sisi kiri, Adrien Silva melepaskan umpan silang. Umpan tersebut disambut Ronaldo dengan sundulan di tiang jauh. Namun, sundulan Ronaldo masih melambung tipis.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-50, Portugal akhirnya bisa mencetak gol. Sepak pojok dari sisi kanan pertahanan Wales dieksekusi dengan singkat. Bola diberikan kepada Raphael Guerreiro. Tanpa buang waktu, Guerreiro langsung mengirimkan crossing ke kotak penalti.

Tidak lama setelahnya, di menit ke-53, Nani menggandakan keunggulan Portugal menjadi 2-0. Ronaldo menjadi awal terciptanya gol. Tendangannya dari luar kotak penalti dibelokkan oleh Nani. Kiper Wales, Wayne Hennessey, pun tertipu oleh arah bola.

Portugal jadi makin agresif setelah mencetak dua gol tersebut. Sementara itu, pelatih Wales, Chris Coleman, memasukkan satu orang penyerang, yakni Sam Vokes, dan menarik keluar seorang gelandang, Joe Ledley.

Pada menit ke-62, Portugal kembali mendapatkan kans bagus. Dari sebuah tendangan bebas, Ronaldo melepaskan sebuah sepakan keras. Tendangan Ronaldo melewati pagar pemain dan tipis mengenai tiang sebelum akhirnya melambung.

Wales kian kesulitan untuk menciptakan peluang apalagi membangun serangan dengan baik. Lantaran kesulitan untuk membangun serangan dengan baik, Wales sering mengandalkan kemampuan individu Bale untuk mendapatkan attempts.

Pada menit ke-76, Bale melepaskan tendangan kaki kiri keras dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya bisa ditangkap oleh Rui Patricio. Tiga menit berselang, ia kembali melakukan hal serupa, tetapi lagi-lagi gagal –kali ini tendangannya ditepis Rui Patricio.

Ronaldo sempat mendapatkan peluang lagi ketika dia menerima bola dan berlari ke dalam kotak penalti Wales. Setelah menghindari Hennessey, Ronaldo melepaskan sepakan kaki kanan datar. Tetapi, tendangannya melebar.

Pada akhirnya, tidak ada gol lagi yang tercipta, Portugal pun lolos ke final.

Susunan Pemain

Portugal: Rui Patricio, Cedric, Bruno Alves, Fonte, Guerreiro, Joao Mario, Danilo, Adrien (Moutinho 78), Renato (Andre Gomes 73), Nani (Quaresma 85), Ronaldo.

Wales: Hennessey, Gunter, Chester, Collins (J. Williams 66), A. Williams, Taylor, Allen, Ledley (Vokes 57), King, Bale, Robson-Kanu (Church 63).

Sumber | SPORT.DETIK.COM

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM