full screen background image

Rp500 Miliar Anggaran Pilkada Belum Cair

Share Button
ilustrasi

ilustrasi. FOTO | OKEZONE.COM 

[clickToTweet tweet=”Rp500 Miliar Anggaran Pilkada Belum Cair” quote=”Nah, ini yang akan kami sampaikan dan ingatkan kepada kepala-kepala daerah untuk mempercepat proses pencairan.”]

[social_warfare buttons=”Facebook, Twitter”]

Jakarta-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Arief Budiman mengatakan dari total anggaran Pilkada 2017 sekira Rp4,2 triliun, masih ada Rp500 miliar diantaranya yang masih mengalami kendala pencairan dana. Ratusan miliar dana yang belum cair ini tersebar di sejumlah daerah peserta Pilkada.

Karenanya, dalam acara rapat koordinasi nasional pemantapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 yang digelar hari ini, Arief mengimbau kepala daerah untuk mengupayakan pencairan dana segera.

“Nah ini yang akan kami sampaikan dan ingatkan kepada kepala-kepala daerah untuk mempercepat proses pencairan. Karena kalau tidak, bisa menganggu jalannya tahapan,” kata Arief di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Selain itu, dalam acara ini, ada dua hal lain terkait Pilkada yang akan dikonsultasikan. Yakni, pertama, kesiapan personel. Sejumlah personel penyelenggara Pilkada sebelumnya diputus diberhentikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena pelanggatan etik.

“Kita sampaikan rekrutmen beberapa personel, termasuk beberapa daerah yang KPU kabupaten/kotanya diputus oleh DKPP diperingatkan, diberhentikan, kita pastikan daerah-daerah itu tidak bermasalah,” ucap dia.

Selanjutnya adalah soal logistik Pilkada. Arief menjelaskan, sebanyak 75 kabupaten kota sampai hari ini logistiknya sudah siap. Sementara 26 daerah lain masih dalam proses pengiriman.

“Yang 26 lain sebagian sudah tiba di kabupaten/kota dan sebagian proses persiapan untuk dikirimkan ke kabupaten/ kota,” katanya.

“Selanjutnya akan dilakukan sorting pengepakan dan 1 minggu sebelum hari H itu mulai dilakukan pengiriman ke kecamatan, desa, TPS-TPS,” tutup Arief.

SUMBER | OKEZONE.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.