full screen background image

Santri Aceh Buka Klinik Alfatihah di Masjid Raya Medan

Share Button
santri-aceh

Santri berada di Klinik Alfatihah yang didirikan di halaman Masjid Raya Almahsun, Medan, Jumat (9/6/2017). FOTO | ACEH.TRIBUNNEWS.COM 

Medan-Sejumlah santri asal Aceh membuka Klinik Alfatihah di halaman Masjid Raya Almahsun, Medan, Jumat (9/6/2017).Pengajian yang dibimbing sembilan santri ini sengaja difokuskan pada surat Alfatihah.

“Karena surat Alfatihah pokok di dalam shalat. Jangan sampai rukun shalat tidak terpenuhi hanya karena bacaan Alfatihah tidak benar,” kata koordinator Klinik Alfatihah, Fahmi Karimuddin, Jumat (9/6/2017).

Pengajian singkat ini sengaja memakai label klinik, karena pelaksanaannya mirip dengan praktik medis. Peserta terlebih dahulu diminta membaca surat Alfatihah secara utuh.

Selanjutnya pembimbing menyerahkan selembar kertas bertuliskan surat Alfatihah dalam bentuk tiga kolom, tujuh baris.

“Bacaan yang kurang benar ditandai di kertas itu. Silahkan bawa pulang untuk didalami lagi bacaannya,” lanjut jebolan Pesantren Mudi Mesra, Samalanga, Bireuen ini.

Setahu dia, praktik seperti ini baru pertama kali diadakan di Medan. Ia berharap umat muslim tidak malu untuk mengikuti program ini karena bertujuan untuk menyempurnakan ibadah.

Ditegaskannya program ini murni ibadah, sehingga peserta tidak dikenai biaya. Aktivitas pengajian ini akan dilangsungkan selama Ramadhan.

“Terkadang waktu yang disediakan untuk belajar terlalu sedikit, jadi bagaimana ustaz bisa maksimal memberikan ilmu,” ujarnya ketika disinggung penyebab banyaknya bacaan Alfatihah yang belum benar.(*)

Sumber | ACEH.TRIBUNNEWS.COM 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.