full screen background image

Satlinmas Ujung Tombak Pengamanan Pilkada, Mengapa?

Share Button
Satlinmas

Plt Walikota Banda Aceh, Hasanuddin Ishak, saat menyematkan pita pengamanan Pilkada kepada petugas Satlinmas, disela-sela apel siaga, yang berlangsung di halaman balai kota setempat, Sabtu, 4 Februari 2017). FOTO | IST

[clickToTweet tweet=”Satlinmas Ujung Tombak Pengamanan Pilkada, Mengapa?” quote=”Satlinmas Ujung Tombak Pengamanan Pilkada, Mengapa?”][social_warfare buttons=”Facebook, Twitter”]

Banda Aceh-Pesta demokrasi Pilkada Banda Aceh pemilihan serentak hanya tinggal menghitung hari. Pilkada 2017, diharapkan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dapat menjadi ujung tombak keamanan dan ketertiban di gampong, mulai dari pengamanan logistik panitia hingga pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal itu disampaikan oleh Plt Walikota Banda Aceh, Hasanuddin Ishak pada Apel Siaga
Satlinmas Kota Banda Aceh di halaman balai kota setempat, Sabtu, 4 Februari 2017). Apel tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, sejumlah anggota DPRK, Ketua KIP, Ketua Panwaslih, dan para pejabat terkait di lingkungan Pemko Banda Aceh.

“Hari ini, Pemko Banda Aceh melalui apel siaga satlinmas memberi amanah dan tugas yang sangat mulia kepada seluruh anggota satlimas yang mewakili 90 gampong untuk menyukseskan Pilkada 2017 agar berlangsung aman, lancar dan tertib,” kata Hasanuddin.

Ia menyebutkan, banyak pihak berharap kepada satlinmas bersama aparat penegak hukum agar dapat menjaga ketentraman masyarakat dalam mengikuti seluruh rangkaian Pilkada. “Tujuannya agar masyarakat merasa terlindungi dan terjamin hak azasinya dalam menentukan pilihan. Untuk itu, diperlukan peran satlinmas yang ditempatkan pada Ring 1 di setiap TPS.”

“Tugas yang tak kalah pentingnya pada saat memasuki masa tenang 12-14 Februari 2017, Anggota Satlinmas setelah berkoodinasi dengan PPS dan PPL juga akan ikut bersama-sama membersihkan alat peraga di masing-masing gampong,” sebutnya lagi.

Satlinmas Banda Aceh

Petugas Satlinmas Kota Banda Aceh, pada apel siaga yang berlangsung di halaman balai kota setempat, Sabtu, 4 Februari 2017). FOTO | IST

Ia juga berharap, satlinmas bukan hanya bertugas selama Pilkada saja, namun juga menjadi organisasi permanen yang dipersiapkan untuk memelihara keamanan, ketertiban masyarakat. “Satlinmas juga dapat mengambil peran dalam kegiatan sosial kemasyarakatan serta penanganan bencana guna mengurangi dampak bencana sesuai dengan amanah Permendagri Nomor 84 Tahun 2014.”

“Kami berharap seluruh anggota satlinmas Kota Banda Aceh, hendaknya dapat melaksanakan tugas dengan baik di masing-masing gampong. Jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pihak Polri dan TNI serta tetap jaga inpendensi dalam bertugas,” pungkasnya.

[Penulis | Kontributor Banda Aceh]
[Editor | Rizal JP]

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.