oleh

Sekolah Pedalaman Aceh Barat, Satu Tahun 15 Kali Terendam Banjir

sekolah-dasar-sd-negeri-napai
Sekolah Dasar (SD) Negeri Napai yang terendam banjir. FOTO | AJNN.NET 

[clickToTweet tweet=”Sekolah Pedalaman Aceh Barat, Satu Tahun 15 Kali Terendam Banjir” quote=”Sekolah Pedalaman Aceh Barat, Satu Tahun 15 Kali Terendam Banjir”][social_warfare buttons=”Facebook, Twitter”]

Aceh Barat-Sekolah Dasar (SD) Negeri Napai yang berada di pedalaman Kabupaten Aceh Barat merupakan salah satu yang kerab direndam banjir kala luapan Sungai Krueng Woyla Meluap. Bahkan sekolah yang terletak di Desa Napai, Kacamatan Woyla Barat ini dalam setahun hingga 15 kali terendam banjir.

Saat banjir menerjang ketinggian air bisa mencapai hingga dua meter. Sehingga proses belajar mengajar sering terhenti.

“Kalau banjir disini mulai 2010, air merendam sekolah sampai satu minggu pak. Hingga proses belajar mengajar sering terhenti membuat siswa rugi. Itu banjir bukan lagi sekali dalam setahun, tapi sampai 15 kali,” kata Kepala Sekolah SD Napai, M. Jamin, Kamis (26/1).

Akibat sering terendam banjir, pagar sekolah itu kini telah rubuh lantaran tidak mampu menahan derasnya arus air banjir yang masuk ke sekolah itu. Bahkan menurutnya dua hari lalu sekolah itu baru saja terendam banjir.

Bukan hanya itu, akibat dari banjir juga telah merusak sejumlah mobiler seperti kursi dan meja siswa. Ketika banjir surut lumpur sisa banjir menjadi pekerjaan bagi siswa dan para guru sekolah itu saat kembali masuk sekolah.

Ketika haris pertama sekolah pasca banjir, kata Jamin, siswa tidak membawa peratan sekolah, tapi membawa peralatan gotong royong untuk membersihkan lumpur, dan hanya berpakaian biasa untuk bersekolah.

“Sekolah kami tidak layak lagi dipertahankan di lokasi ini. Saya berharap sekolah ini bisa pindahkan dengan bangunan baru, sehingga tidak mudah terendam banjir,” katanya.

Apabila masih dipertahankan, maka proses proses belajar mengajar pasti sering terhenti, bahkan tidak sedikit mobiler yang rusak, dan kerugian bagi siswa dan daerah akan terus terjadi.

SUMBER | AJNN.NET 

Facebook Comments

Komentar

News Feed