full screen background image

Seluruh PNS akan Dites Urine

Share Button
irwandi-yusuf

GUBERNUR Aceh, Irwandi Yusuf menyerahkan bendera Merah Putih kepada anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-72 RI, di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Kamis (17/8). FOTO | SERAMBI INDONESIA 

Banda Aceh-Peredaran narkotika dan obat berbahaya (narkoba) di Aceh saat ini sudah merambah ke berbagai lini kehidupan. Mulai dari kalangan pejabat, penegak hukum, tokoh masyarakat, kaum muda, orang tua, hingga anak-anak. Bahkan belum lama ini, seorang anggota DPRA, Ja (37), ditangkap saat mengonsumsi sabu-sabu bersama tiga rekannya.

Untuk memastikan lembaga legislatif bersih dari barang terlarang, Rabu (16/8) sejumlah anggota DPRA melakukan tes urine yang difasilitasi oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh.

Sejalan dengan itu, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf juga mewacanakan tes urine bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Aceh.

“Tes urine akan kita lakukan, tapi di eksekutif banyak sekali (pegawai), ada 9.000 orang. Maka, akan kita lakukan bertahap dengan kejutan. Tidak akan diberi tahu jadwalnya,” kata Irwandi seusai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Ke-72 Tahun Kemerdekaan Repulik Indonesia di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Kamis (17/8).

Dia tambahkan, apabila nanti terdapat pegawai di lingkungan Pemerintah Aceh yang terbukti menyalahi narkoba, maka ia tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas. Sebab, narkoba saat ini sudah menjadi musuh bangsa Indonesia. “Jika kedapatan akan ditindak, minimal akan direhabilitasi,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Teungku Agam ini mengakui barang haram yang beredar di masyarakat saat ini bukan lagi sebatas ganja, tetapi juga sabu-sabu yang diimpor dari luar negeri. Karena itu, dia meminta penegak hukum untuk meningkatkan pengawasan dan investigasi, sehingga narkoba bisa dibasmi dari bumi Aceh.

“Kita mendukung segenap langkah polisi, termasuk menyuplai informasi tentang peredaran narkoba kepada polisi (jika mengetahui adanya pemakai atau pengedar). Bila diperlukan, kita turut mendanai kepolisian dan kejaksaan sejauh yang dibenarkan,” tutur suami dari Darwati A Gani yang kerap dipanggil Bang Wandi atau BW ini.

Selain itu, gubernur yang gemar menerbangkan pesawat sekaligus pemilik pesawat Shark Aero dengan label Hanakaru Hokagata ini juga menyarankan kepada orang tua untuk mamantau setiap kegiatan anaknya. Bila perlu periksa juga kamarnya, sehingga anak-anak Aceh terlindungi dari pengaruh narkoba.

Sementara itu, Kabid Pemberantasan pada BNNP Aceh, Amanto SH MH juga mengakui bahwa peredaran narkoba jenis sabu-sabu di Aceh sudah merambah ke berbagi sisi. Selama medio Januari-Agutsus tahun 2017 saja sudah sebelas kasus yang ditangani BNNP Aceh, baik penangkapan karena berstatu pengedar maupun sebagai pemakai.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Drs Sulaiman Abda MSi juga mewacanakan untuk melakukan tes urine bagi seluruh mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di kampus tersebut. Hal itu dimaksudkan sebagai upaya untuk mencegah dan memberantas narkoba di kalangan generasi muda Aceh.

Hal itu disampaikan Sulaiman Abda saat menyambut lima ribuan mahasiswa baru Unsyiah di Lapangan Tugu Darussalam, Banda Aceh, Kamis (17/8). “Selamat datang anak-anakku semua di kampus utama di Aceh dan menjadi pintu sukses bagi Aceh dalam meraih impian masa depan. Masa depan Aceh ditentukan oleh kalian semua. Jika kalian memiliki impian yang bagus maka akan bagus dan maju Aceh ke depan,” katanya.

Oleh sebab itu, kata Sulaiman Abda, ia mewacanakan agar para mahasiswa Unsyiah menjalani tes urine, sebagai bentuk perhatian kampus bagi para mahasiswa demi mencegah dan melawan narkoba. “Nanti bagaimana teknisnya bisa kita atur, jika memang butuh biaya untuk itu bisa kita anggarkan melalui APBA. Yang jelas, kita ingin anak-anak kita semua terhindar dari narkoba,” pungkasnya seusai acara tersebut.[]

Sumber | SERAMBI INDONESIA 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.