full screen background image

Sembilan Kontingen Ramaikan Pekan Bahasa Se Sumatera di Aceh

Share Button
Pekan bahasa

Tuan rumah menyambut tamu dengan tarian khas Provinsi Aceh, Tari Ranup Lampuan. FOTO | TRIBUNNEWS.COM 

Banda Aceh-Sebanyak sembilan kontingen dari balai bahasa dan kantor bahasa se-Sumatera, turut meramaikan pekan bahasa se-Sumatera tahun 2016 yang di gelar sejak 22 Agustus 2016, di Hotel Grand Nanggroe, Kota Banda Aceh. Kontingen tersebut meliputi, provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Bangka Belitung, Kepri, Jambi, Sumatera Utara dan Aceh.

Kepala Balai Bahasa provinsi Aceh, Drs Muhammad Muis M.Hum, menyebutkan, pekan bahasa tahun ini mengadakan aneka lomba diantaranya yaitu, lomba debat bahasa tingkat SLTA sederajat, lomba cerdas cermat tingkat SLTA sederajat.

Selanjutnya juga digelar lomba mengajar bagi guru Sekolah Dasar (SD), lomba pidato tingkat SLTA sederajat, lomba pembawa acara bagi instansi pemerintah, diskusi terpumpun atau FGD bagi para pemenang duta bahasa se-Sumatera dan diskusi terpumpun bagi wartawan media se-Sumatera. “Kegiatan ini berlangsung selama lima hari yang telah dimulai dari pendaftaran peserta sejak 21 Agustus kemarin,” sebutnya menuturkan.

Masih kata Muhammad Muis, kontingen Lampung mengikut sertakan peserta sebanyak 18 orang, Sumatera Selatan 21 orang, Bengkulu 13 orang, Riau 20 orang, Bangka Belitung 17 orang, Kepri dan Jambi masing-masing 18 orang, Sumatera Utara 24 orang dan kontingen Aceh sebanyak 22 orang.

“Total peserta keseluruhannya mencapai 171 orang dan dalam kesempatan ini kita juga menghadirkan dewan juri yang berasal dari badan bahasa, kepala balai/kantor bahasa luar sumatera dan akademisi dari Universitas yang ada di Kota Banda Aceh sebanyak 15 orang,” sebutnya lagi.

Sebagaimana diketahui, pekan bahasa se-Sumatera tahun 2016 yang diselenggarakan balai bahasa provinsi Aceh, merupakan salah satu unit pelaksana teknis (UPT) Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa yang ada di masing-masing daerah.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM