full screen background image

Untuk yang Single, Hindari Kebiasaan yang Mengganggu Keuangan Ini

Share Button

Jakarta-Masa single atau belum menikah adalah masa-masa bebas untuk bersenang-senang dengan pendapatan yang dimiliki, karena tidak perlu memikirkan biaya rumah tangga yang banyak. Oleh sebab itu mereka yang masih belum menikah terkadang menghamburkan uang untuk kesenangan pribadi.

Hal ini tentu sah saja dilakukan. Tapi ingat, jika Anda di antaranya pastikan Anda tidak menghabiskan uang terlalu banyak yang bisa mengakibatkan Anda memiliki masalah keuangan.

Tidak ada salahnya saat masih muda, Anda bersenang-senang dengan pendapatan yang dimiliki. Tetapi berinvestasi dan mengatur keuangan untuk masa depan pun penting dilakukan. Tentu kamu tidak ingin di masa tua kamu mengalami masalah keuangan.

Berikut kebiasaan yang harus dihindari dalam mengatur keuangan Anda yang masih single.
1. Tidak mempunyai tabungan
Menabung merupakan hal kebiasaan penting untuk Anda. Jangan pernah menggabung rekening tabungan dengan rekening gaji. Agar lebih disiplin dalam menabung, buatlah tabungan khusus untuk tabungan yang berbeda dengan gaji. Hal ini untuk menghindari tabungan terpakai untuk kepentingan umum.

2. Tidak Memiliki Tujuan Keuangan
Memang single itu tidak perlu terlalu memikirkan masalah keuangan, karena merasa tidak ada tanggung jawab selain memenuhi kebutuhan pribadi. Tapi, sebaiknya susunlah rencana dan tujuan keuangan Anda, misalnya membuat tabungan rencana untuk wisata atau untuk melanjutkan studi. Hal ini akan melatih kamu untuk bertanggung jawab pada keuangan yang Anda miliki.

3. Tidak Memiliki Investasi
Tahukah Anda berivestasi itu sangatlah penting? Masih single bukan berarti Anda tidak bisa untuk memulai berinvestasi. Tidak harus yang nilai return-nya terlalu tinggi karena juga tinggi risikonya. Mulailah mencoba investasi yang sederhana seperti logam mulia, reksa dana, atau deposito.

4. Boros
Banyak orang-orang yang masih single menjadi boros karena merasa bebas menggunakan penghasilannya. Seperti, setiap hari makan di luar atau sering berbelanja yang membuat uang Anda terus mengalir.

Anda boleh saja melakukan hal-hal tadi, tapi jangan terlalu sering, misalnya lunch atau dinner saat weekend saja. Hindarilah pemborosan, cobalah untuk lebih mengatur keuangan Anda. Tentu Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menghabiskan uang Anda saat masih single. Gunakanlah waktu Anda sebijaksana mungkin di masa single Anda. Semoga Bermanfaat.

Dapatkan eBook Tentang “61 Rahasia Menjadi Kaya” senilai Rp 997.000. Khusus Untuk Pembaca Detik Finance Hari Ini, Saya Kasih Gratis, Terbatas Untuk 100 Orang Pembaca. Klik di Sini Untuk Download. 

Sumber | DETIK.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM