oleh

SMKN Taman Fajar Rebut 7 Medali Emas

Banda Aceh-Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Taman Fajar, Kabupaten Aceh Timur, berhasil merebut juara terbanyak lomba giat prestasi pramuka dan gebyar literasi yang digelar Dinas Pendidikan Aceh sejak 11 hingga 15 Agustus 2018 lalu, di Banda Aceh.
Tak tanggung-tanggung siswa dari SMKN Taman Fajar Aceh Timur ini berhasil memboyong tujuh medali emas.Ini setelah dewan juri mengumumkan hasil pemenang lomba giat prestasi pramuka dan gebyar literasi, pada Rabu (15/08/2018).
Adapun juara yang diraih SMKN Taman Fajar meluputi, Rahmat Sugheri (bidang lomba sudut baca vokasi/gebyar literasi dan giat prestasi pramuka).Selanjutnya, masih pada bidang lomba giat prestasi pramuka yang diraih siswa dari sekolah tersebut yaitu, Siti Zulhariza, Jesika Apriyanti, Hikmatul Fadhilah, M. Rizqina Aryanda dan Budiansyah.
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem, S.Ag, M.Pd, saat menutup lomba giat prestasi pramuka dan gebyar literasi siswa SMK, menyampaikan pentingnya gerakan literasi tersebut digaungkan hingga ke sekolah, sehingga seluruh siswa yang ada di Aceh nantinya menjadi gemar membaca.
“Penilaian-penilaian yang telah dilakukan oleh dewan juri tersebut merupakan bagian dari kriteria yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Nantinya yang tidak terpilih dalam perlombaan ini untuk tidak berhenti sampai disini, tapi juga harus menjadi agen dalam mensosialisasikan gerakan literasi di sekolah siswa tersebut mengenyam pendidikan,” ujarnya.
Ia juga mengatakan, Dinas Pendidikan Aceh menargetkan kepeda peserta yang akan mewakili Aceh ke tingkat nasional pada gebyar literasi agar dapat menyiapkan diri sebaik mungkin untuk mendapatkan juara 1 dan dapat mengharumkan Aceh di kancah Nasional.
“Harus lebih siap lagi untuk memperoleh nilai terbaik di pentas nasional.Sehingga mampu mengharumkan provinsi Aceh nantinya.Kita wajib mendapatkan juara satu,” katanya optimis.
Atas nama panitia penyelenggara kegiatan, Azizah, S.Pd, M.Pd, menjelaskan para juara gebyar literasi tingkat provinsi Aceh ini nantinya akan mewakili Aceh ke kancah nasional yang dijadwalkan berlangsung pada 27 hingga 31 Oktober 2018 di Jakarta.
“Peserta yang terpilih ini harus segera mempersiapkan diri dengan terus berlatih agar mampu mengharumkan nama Aceh dikancah nasional.Untuk tingkat provinsi, bidang lomba yang dipertandingkan Gebyar Literasi SMK Cerita Kearifan Vokasi Nusantara, Sudut Baca Vokasi, Buku Eletronik Tokoh Vokasi, Vokasi Moda Literasi Bergerak dan Giat Prestasi Pramuka SMK.
Menurutnya tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pengembangan pendidikan vokasi, membentuk karakter dan memacu kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan kreatif.
“juga memupuk kedisiplinan, jiwa kepanduan, persahabatan dan kerjasama secara nasional dalam meningkatkan kecakapan literasi siswa SMK,” tuturnya menambahkan.[]
(Editor | M. Zairin) 
Facebook Comments

Komentar

News Feed