oleh

Soal BKS di Kabupaten/Kota, Ini Kata Kepala BKKBN Aceh

M. Yani
Dr. dr. M. Yani M.Kes PKK. FOTO | UGM.AC.ID

Banda Aceh-Wacana penyegaran Badan Keluarga Sejahtera (BKS) yang tersebar di sejumlah kabupaten dan Kota di Aceh, mendapat tanggapan serius Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh, Dr. dr. M. Yani M.Kes PKK.

“Kita mendapati informasi ada daerah yang berencana melakukan penyegaran instansi, termasuk Badan Keluarga Sejahtera (BKS). Namun khusus untuk BKS kita harapkan Kabupaten/Kota dapat menempatkannya sesuai fungsi pokok Keluarga Sejahtera (KS),” ujar M. Yani, Jum’at, 28 Oktober 2016, di Banda Aceh.

Yani mengungkapkan, apabila Kabupaten/Kota tidak menyesuaikan instansi untuk menggabung Badan Keluarga Sejahtera (BKS), ia mengaku justru khawatir program Keluarga Sejahtera (KS)di daerah terancam tidak berjalan sebagaimana diharapkan.

“Keluarga Sejahtera (KS) ini program nasional. Nah, jika penggabungan BKS tanpa melihat fungsi pokok Keluarga Sejahtera (KS), maka dikawatirkan program tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya,” ungkap mantan Kadis Kesehatan Aceh ini.

Menurutnya, satu-satunya instansi di Kabupaten/Kota yang sejalan dengan program Keluarga Sejahtera (KS) seperti Badan/Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A). Alasannya, pada instansi tersebut ada program kependudukan.

“Sehingga, sinkronisasi program nasional di Kabupaten/Kota dapat berjalan sebagaimana diharapkan. Dan ini kiranya menjadi catatan penting untuk dapat diterapkan oleh daerah,” tuturnya.[]

 

Facebook Comments

Komentar

News Feed