full screen background image

Sosok Pahlawan di Mata Mereka

Share Button
ilustrasi-pahlawan

ilustrasi Pahlawan. FOTO | CNNINDONESIA.COM/Fitri Chaeroni 

Jakarta-“Dan kita yakin saudara-saudara pada akhirnya pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita sebab Allah selalu berada di pihak yang benar percayalah saudara-saudara Tuhan akan melindungi kita sekalian Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar! Merdeka!”

Itulah petikan pidato Bung Tomo yang membakar Indonesia. Pidato itu disampaikan melalui saluran radio miliknya di Jalan Mawar, Tegalsari, Surabaya. Rumah ini dulu dikenal dengan nama Rumah Radio Bung Tomo, sebelum dirobohkan.

Bung Tomo adalah pejuang asal Surabaya yang berhasil membakar semangat arek-arek Surabaya dalam melawan penjajah dan menyebabkan tumpahlah Perang Surabaya mulai 10 November 1945.

Perang Surabaya kemudian kita peringati setiap tahun sebagai Hari Pahlawan.

Nah, terkait dengan peringatan Hari Pahlawan, teman-teman kalian urun bicara soal sosok pahlawan di mata mereka.

Renita Apriari siswi kelas X SMAN Warunggunung, Rangkasbitung, menilai pahlawan baginya adalah Raden Ajeng Kartini. Pahlawan menurut dia adalah sosok yang rela berjuang untuk membela bangsa dan negara.

Hal yang sama disebutkan oleh Hesty, siswi kelas X SMAN 1 Kota Serang. “Pahlawan ya mereka yang tanpa tanda jasa, seperti Ki Hajar Dewantara dalam sisi pendidikan ataupun Bung Tomo seorang pejuang dperetmpuran Surabaya,” ujarnya.

Sri Rejeki Novitasari siswi kelas XI SMAN 1 Sukoharjo punya pendapat berbeda. Menurut dia, pahlawan adalah semua orang yang sudah berjasa dalam hidupnya, serta seseorang yang biasa membantu tanpa pamrih dan dapat membuat kita merasa nyaman.

“Pahlawan dalam hidupku ya orangtua dan orang-orang berjasa di sekitarku, tapi yang paling utama orangtua,” kata Sri.

Sri menambahkan, ia menjadikan orag tua sebagai kacamata pahlawan baginya. Sebab orangtualah yang selalu mebantu kita dengan ikhlas dan tanpa mengharapkan imbalan apapun, meski terkadang kita membuat mereka marah, tapi mereka membantu dalam hal apapun.

Betul ya. Setiap kacamata orang-orang berbeda ya mengenai pahlawan. Pastinya pahlawan seseorang yang mampu memberikan semangat bagi sekitarnya seperti Bung tomo, ataupun orang-orang di balik hidup kita yang telah berasa dalam segala hal. Siapa pahlawan versimu?

SUMBER | CNNINDONESIA.COM 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.