full screen background image

SPBU Simpang Jam Terbakar, Begini Kronologisnya

Share Button
SPBU Terbakar

SPBU Simpang Jam, di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, terbakar. FOTO | PENAPOST.COM

Banda Aceh- Peristiwa tak diharapkan itu terjadi juga. Empat mesin pompa SPBU nomor 14.232.485, dikawasan Simpang Jam,  tepatnya di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh,  Rabu, 9 Agustus 2017 malam, sekira pukul 20.05 WIB terbakar.

Walidin,  salah seorang petugas SPBU tersebut menyebutkan, peristiwa itu terjadi saat petugas pompa empat berisikan Pertalite dan Premium) akan melakukan pegisian BBM kepada pengendara sepeda motor.
“Saat nozle pompa dihidupkan, tiba-tiba terdengar ledakan kecil didalam mesin pompa empat, tidak lama kemudian mengeluarkan api dari bawah mesin tersebut,” katanya.
Melihat api mulai membesar petugas SPBU, mencoba untuk memadamkan ya pada pompa empat tersebut dengan menggunakan racun api.
Damkar

Satu unit mobil pemadam kebakaran sedang siaga di dekat lokasi terjadinya kebakaran. FOTO |PENAPOST.COM

Namun saat hendak dilakukan pemadaman pada pompa empat itu, api langsung menyambar pada mesin pompa tiga yang berisikan Pertamax Turbo, Pertamax dan Pertamina.

“Pada pompa tiga, api mulai membesar dan membakar secara keseluruhan bagian mesin pompa tiga,” ucapnya.
Menurutnya, disaat bersamaan, api menyambar pada pompa empat dan menyambar ke mesin pompa dua yang berisikan Pertamina Dex dan Pertamina Dex.
“Sehingga api membakar keempat pompa tersebut.Melihat api telah membakar keempat mesin pompa SPBU, petugas mencoba meninggalkan Tempat Kejadian Perkara (TKP), petugas mengamankan serta memberi bantuan untuk mengevakuasi kendaraan yang ada disekitar lokasi kejadian,” terangnya.
Petugas piket segera meminta bantuan kepada warga di sekitar asrama TNI Kuta Alam untuk membantu pemadaman api, namun api terus membesar.
Warga yang mulai panik atas peristiwa itu langsung menghubungi pihak Dinas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh melalui nomor 0651 44123.Namun,  api baru dapat dipadadamkan petugas sekira pukul 21.00 WIB.
Hingga berita ini diturunkan, media ini belum mendapat konfirmasi lebih lanjut dari pihak Kepolisian Polresta Banda Aceh, terkait peristiwa yang menimpa SPBU tersebut. []
]
Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.