oleh

Ini Strategi Illiza-Farid Benahi Soal Listrik dan Air Bersih di Banda Aceh

Illiza Sa’aduddin Djamal - Farid Nyak Umar (Foto PM/Oviyandi E
Illiza Sa’aduddin Djamal – Farid Nyak Umar (FOTO PM/BERITAKINI.CO

Banda Aceh-Banda Aceh memang masih dibelunggu dua persoalan utama yang tak kunjung tuntas dibenahi yakni listrik byarpat dan macetnya distribusi air bersih.

Namun, pasangan Illiza Sa’aduddin Djamal-Farid Nyak Umar punya strategi untuk mengurai persoalan akut itu. Calon Wakil Walikota Banda Aceh Farid Nyak Umar mengatakan, sesungguhnya PDAM Tirta Daroy adalah yang terbaik di Aceh saat ini jika di banding dengan Aceh Besar dan Bireuen.

Pada 2004, kata Farid, cakupan air bersih hanya mengcover 15 persen wilayah Banda Aceh, tapi saat ini telah mencapai 85 persen.

“Dengan jumlah sambungan aktif 42,500 sambungan,” kata Farid menjawab pertanyaan panelis dalam Debat Kandidat Cawalkot Banda Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa (24/1/2017) malam.

Namun, Farid mengakui, masalah utama yang dialami warga soal air bersih adalah faktor kontinuitas sambungan air bersih tersebut. “Fakta menyebutkan bahwa kita ada masalah dengan sistem jaringan air bersih yang memang sudah ada sejak jaman belanda,” katanya.

Namun, mereka memiliki cara untuk menjamin kontiniutas air bersih sampai ke rumah-rumah warga tersebut.

“Kita akan membagi Banda Aceh ke dalam empat zona, dimana pada setiap zona itu dibangun pompa sehingga diharap dapat melayani maksimal distribusi air bersih di Kota Banda Aceh,” katanya.

Soal listrik, Illiza menambahkan, meski hal itu merupakan domain pemerinath pusat, tapi pemerintah daerah tidak akan berpangku tangan. “Suplai listrik bisa ditingkatkan dengan sumber terbarukan, seperti tenaga surya dan angin. Tugas pemerintah adalah mengundang investor untuk berinvestasi. Membangun instalasi daya di Banda Aceh dan mempertemukannya dengan PLN sebagai penyelia listrik,” kata Illiza.

SUMBER | BERITAKINI.CO 

Komentar

News Feed