oleh

SuWarga, Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website

Banda Aceh-Kota Banda Aceh, resmi memiliki aplikasi Suwarga yang merupakan pengaduan masyarakat berbasis website.Aplikasi tersebut, diresmikan Walikota Banda Aceh Aminullah Usman Minggu, 15 April 2018.

Melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Diskominfotik Banda Aceh ini, warga dapat melaporkan suatu permasalahan kepada pemerintah secara terperinci lengkap dengan foto dan lokasi kejadiannya. Aplikasi ini dapat diakses di alamat suwarga.bandaaceh.go.id

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, aplikasi SuWarga ini bisa dimanfaatkan oleh warga untuk melaporkan berbagai persoalan yang muncu di lingkungannya masing-masing.

“Misalnya ada persoalan sampah, laporkan melalui aplikasi ini, dan nanti akan diteruskan ke dinas kebersihan untuk segera diambil tindakan,” ujar Walikota.

Aminullah meminta para Kepala SKPK, Camat, hingga Keuchik untuk dapat mensosialisasikan aplikasi SuWarga ini kepada masyarakat. “Hadirnya aplikasi ini merupakan bentuk komitmen kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pinytanya.

Kadiskominfotik Banda Aceh Bustami menjelaskan nama SuWarga merupakan perpaduan dari dua kata yakni “Su” dan “Warga”. “’Su’ berasal dari Bahasa Aceh yang artinya suara, dan ‘Warga’ adalah warga atau masyarakat Kota Banda Aceh,” katanya.

Menurut Bustami, SuWarga merupakan wadah bagi warga dan pemerintah untuk saling berinteraksi. “Aplikasi ini dapat digunakan oleh warga untuk memberikan aspirasi serta berbagai laporan atas kejadian yang terjadi di lapangan secara cepat dan lugas.”

“Total jenis laporan yang ditampung SuWarga untuk saat ini ada 34 jenis laporan, da nada 10 SKPK yang terkait langsung dengan aplikasi SuWarga. Ke depan akan terus kita kembangkan secara bertahap, termasuk SuWarga versi mobile,” pungkasnya.[]

Munawar HF

Komentar

News Feed