oleh

Tabuh Rapai Menggema di Kota Higashimatsushima

Alat musik perkusi tradisional Aceh, rapai terus mendunia.Di Jepang, tepatnya di kota Higashimatsushima, misalnya, tabuh rapai menggema.Walikota Banda Aceh Aminullah Usman turut memandu Walikota Higashimatsushima, Iwao Atsumi, cara menabuh rapai.

Sekilas, rapai termasuk dalam keluarga frame drum, yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan tanpa alat bantu stick.Pukulan rapai di kota Higashimatsushima, Jepang ini menggema pada malam jamuan makan malam rombongan Walikota Banda Aceh yang diundang Walikota Higashimatsushima Iwao Atsumi di Hotel Chidori, Higashimatsushima, Selasa, 11 April 2018.

Walikota Aminullah hadir bersama istri Nurmiaty AR, Ketua DPRK Arif Fadillah, Sekda Bahagia, dan Kepala Bappeda Gusmeri.Sementara Walikota Iwao Atsumi didampingi Wakil Wali Kota Keita Kato, dan Ketua Legislatif Higashimatsushima Katsunori Abe.

Dalam suasana penuh keakraban, kedua orang nomor satu di kota yang pernah luluh-lantak akibat tsunami itu membahas banyak hal mulai dari kerja sama di bidang perikanan hingga pariwisata.Seni budaya kedua daerah pun tak luput dari pembicaraan pada pertemuan tersebut.

Usai makan malam, Aminullah bahkan ikut unjuk kebolehannya dalam menabuh Rapai-alat musik tradisional Aceh, didepan para pejabat pemerintah Higashimatsushima.Aminullah juga mengajari Iwao Atsumi teknik-teknik dasar dalam memainkan Rapai.

“Alat musik ini biasa digunakan dalam tarian Rapai Geleng yang sudah dikenal dunia, dan juga selalu ditampilkan dalam acara-acara resmi pemerintah, menyambut tamu dan acara hiburan seperti pesta pernikahan,” jelas Aminullah kepada Iwao.

“Kesenian ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan yang datang ke kota kami. Dan Rapai ini saya serahkan kepada anda sebagai tanda ikatan tali silaturahmi antara Banda Aceh dan Higashimatsushima,” tambah Aminullah.

Salah seorang pejabat Higashimatsushima turut memperkenalkan sejarah Samurai dan Kimono -baju tradisional Jepang kepada Aminullah dan rombongan.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman saat menjajal pedang khas Jepang lengkap dengan balutan Kimono.Sebilah pedang berkelir emas pun diserahkan Iwao kepada Aminullah sebagai cenderamata.  
Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman saat menjajal pedang khas Jepang lengkap dengan balutan Kimono.Sebilah pedang berkelir emas pun diserahkan Iwao kepada Aminullah sebagai cenderamata.

Aminullah juga berkesempatan menjajal pedang khas Jepang tersebut lengkap dengan balutan Kimono. Sebilah pedang berkelir emas pun diserahkan Iwao kepada Aminullah sebagai cenderamata.[] Redaksi

 

Facebook Comments

Komentar

News Feed