oleh

Tak Ada Doa Di Akhir Debat, Pendukung Amin-Zainal Baca Doa Sendiri

baca-doa-sendiri
Para tim pendukung Amin-Zainal membaca doa sendiri dengan cara berkumpul sendiri di depan panggung sebelah kiri. Mereka membaca doa dengan khusyuk yang dipimpin oleh salah seorang dari tim. FOTO | ACEH.TRIBUNNEWS.COM 

Banda Aceh-Debat kedua antara calon wali kota/wakil wali kota Banda Aceh yang digelar di Taman Budaya Banda Aceh, Senin (6/2/2017) berlangsung meriah. Debat yang ditayang live nasional selama satu jam itu pun tampak sangat berbobot. Kedua pasangan calon yakni Illiza Sa’aduddin Djamal-Farid Nyak Umar dan Aminullah Usman-Zainal Arifin saling ‘menyerang’ dengan pertanyaan yang sulit.

Jalannya debat berlangsung sangat meriah. Riuh gemuruh tepuk tangan dan teriakan tim pemenangan tak henti-hentinya terdengar sepanjang debat berlangsung.

Kedua tim pemenangan berteriak memberi dukungan kepada pasangan calon di setiap akhir pertanyaan dan jawaban kedua paslon. Di penghujung debat, suasana riuh di dalam indoor Taman Budaya tersebut menjadi-jadi.

Pasalnya, tim pemenangan Amin-Zainal tampak kesal kepada penyelenggara debat, karena tak menutup debat dengan pembacaan doa. Debat ditutup dengan bernyanyi bersama lagu Padamu Negeri. “Doa-doa, baca doa, baca doa,” teriak beberapa orang dari tim pendukukung Amin-Zainal.

Awalnya tidak diketahui pasti, mengapa doa di akhir debat tersebut ditiadakan. Sebelumnya pada debat pertama, pembacaan doa tetap dilaksanakan, layaknya pada sebuah acara seperti biasa.

Akhirnya, para tim pendukung Amin-Zainal membaca doa sendiri dengan cara berkumpul sendiri di depan panggung sebelah kiri. Mereka membaca doa dengan khusyuk yang dipimpin oleh salah seorang dari tim.

Ketua KIP Banda Aceh, Munawar Syah saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, ditiadakannya doa pada debat kedua kali ini, karena pada debat pertama, jawaban doa dengan kata-kata ‘amin’ dibaca besar-besar. “Ditambah lagi dengan kalimat nama pasangan wakil (Zainal) di belakangnya,” kata Munawar Syah.

Hal itu kata Munawar sudah disampaikan saat tekhnical meeting, kedua pasangan calon dan masing-masing tim sudah sepakat terkait hal itu, yaitu ditiadakan doa dalam debat kedua ini. “Kedua paslon hadir juga saat evaluasi, mungkin di level bawah tak tersampaikan,” pungkasnya.

SUMBER | ACEH.TRIBUNNEWS.COM 

Komentar

News Feed