full screen background image

TENANG! BPJS Beri Pelayanan Spesial Bagi Pemudik

Share Button
rita-bpjs

Beri keterangan Pers. FOTO | T. Irawan

Banda Aceh-Bagi anda peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, tidak perlu cemas untuk berobat saat arus mudik lebaran Idul Fitri 1438 H/2017 Masehi ini. Pasalnya, BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh memberikan pelayanan spesial kepada peserta saat melakukan mudik. Pelayanan ini berlangsung sejak 19 Juni sampai dengan 2 Juli 2017.

“Pelayanan spesial ini diberikan untuk mempemudah para peserta BPJS Kesehatan untuk memperoleh pelayanan di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS setempat,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Rita Masyita Ridwan, S.Si, Apt,M. Kes, dalam keterangan persnya pada Konferensi Pers bertajuk “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan”, Kamis, 15 Juni 2017, di The Pade Hotel, kawasan Lampeneurut, Aceh Besar.

Turut hadir dalam kesempatan itu, kepala unit manajemen pelayanan kesehatan rujukan BPJS Kesehatan, dr. Cut Novarita, Kepala unit hukum, komunikasi publik dan kepatuhan, Maryadi Usman, dan Staf hukum dan komunikasi publik Aulia Mufti.

Ia menjelaskan, bahwa BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan. Ini untuk memudahkan pelayanan, kenyamanan dan memberikan kepuasan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi pemudik di wilayah Aceh maupun diluar Aceh jelang lebaran.

“Bagi para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana,” terangnya.

Sementara untuk peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit tertentu yang ditentukan oleh BPJS Kesehatan khusus untuk pelayanan selama mudik lebaran.

“Artinya dengan diterapkan kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat mudik perjalanan mudik atau pun telah sampai ke kampung halaman, tidak harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat,” tuturnya.

Untuk itu, Ia menghimbau kepada peserta yang melakukan mudik untuk selalu membawa kartu JKN-KIS, kaartu Askes, JKRA, dan kartu Jamkesmas.

Rita juga mengingatkan, bagi peserta JKN-KIS yang ingin melakukan mudik harus terlebih dahulu memeriksa status kepesertaan masih aktif atau tidak. Peserta bisa memeriksa status kepesertaan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran.

Selain itu, tambahnya, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di download secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Penulis | T. Irawan

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.