full screen background image

Tepatkah Memperkenalkan Diri pada Calon Mertua Saat Lebaran?

Share Button
salaman_hari_raya

Ilustrasi memperkenalkan diri ke calon mertua saat lebaran. FOTO | DETIK.COM 

Jakarta-Sebelum resmi menikah sebagai suami istri, banyak orang memanfaatkan momen hari Lebaran untuk memperkenalkan diri pada orang tua pasangan sekaligus sanak saudara pasangan. Tepatkah hal ini menurut psikolog?

“Sebaiknya tidak kenalan pas di hari besar itu. Minimal udah kenal sama keluarga pasangan yang intinya aja itu sebelum hari H atau pas hari Lebaran,” kata psikolog dari Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani MPsi.

Menurut Wita, panggilan akrabnya, memperkenalkan diri saat momen hari raya kurang pas sebab momen tersebut bukan hanya bertemu dengan calon mertua saja tetapi juga bertemu dengan keluarga besar. Hal itu akan membuat diri malah merasa kikuk atau grogi karena masih banyak anggota keluarga yang belum dikenal.

Baca juga: Saat Menantu Wanita Dicitrakan Sulit Rukun dengan Ibu Mertua 

“Kalau kita udah kenalan sebelum itu sama keluarga intinya, itu akan jauh lebih aman. Setidaknya ada orang yang bisa diajak ngobrol,” sambungnya lagi.

Wita menambahkan, sebagai bangsa Indonesia yang masih kental dengan budaya timur jangan lupa untuk tetap memperhatikan etika dan norma yang ada.

“Memang budaya timur, budaya Indonesia, yang penting kita terlihat lebih hormat dan sopan,” pungkas pemilik akun @ladywitts tersebut.

Tidak salah bila merasa gugup, yang terpenting berikanlah kesan yang positif saat mengambil hati camer (calon mertua) dan anggota keluarga lain dengan menunjukkan sikap tenang dan menjadi diri sendiri.

“Jangan kaku, tegang, nantinya malah nggak bisa menampilkan impress yang baik buat keluarga si calon,” pesan Wita.

Baca juga: Nasihat Psikolog Agar Tetap Kalem Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran. 

Sumber | DETIK.COM 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.