oleh

Terkenang Bung Karno, Mega Terharu Terima Doktor HC Unpad

Megawati
Megawati Soekarnoputri. (Foto | Dok.LIPUTAN6.COM)

Bandung-Megawati Soekarnoputri berterima kasih atas pemberian gelar Doktor Honoris Causa bidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

“Saya terharu dan sekaligus bangga,” ucap Mega dalam Orasi Ilmiah di Unpad, Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/5/2016).

Keseluruhan kenangan Presiden ke-5 RI ini pun kembali pada peristiwa pertama ketika dilantik sebagai mahasiswi di Unpad. Peristiwa itu terjadi 51 tahun yang talu.

“Saat itu usia saya 18 tahun. Oleh Bung Karno, saya diharuskan masuk ke Fakultas Pertanian,” kenang Mega yang tampil dengan toga hitam dengan strip 3 kuning di lengan kanan.

Alasan Bung Karno saat itu, Ketua Umum PDIP ini menuturkan, urusan pangan merupakan urusan mati hidupnya bangsa.

“Meskipun saya sangat tertarik pada ilmu psikologi. Namun Bung Karno sangat kokoh dan meyakinkan saya, untuk memasuki dunia yang menjadi mata pencaharian terbesar seluruh rakyat lndonesia,” cerita Mega.

Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad menjelaskan, pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada Mega berdasarkan dua landasan.

“Pertama, Unpad memperhatikan aspek akademik pada beliau yang menonjol, yakni unsur leadership-nya. Dan hal tersebut mempunyai korelasi dengan ilmu sosial dan politik di Unpad. Kami memerlukan produk pemikiran beliau untuk implementasi dalam tataran akademis,” Tri menuturkan.

Sumber | LIPUTAN6.COM 

Komentar

News Feed