full screen background image

Terkuak, Rutinitas Rahasia Pramugari di Toilet Pesawat

Share Button
pesawat_terbang

ilustrasi pesawat. FOTO | AFP/LIPUTAN6.COM 

Jakarta-Ada sejumlah alasan mengapa orang enggan menggunakan toilet di pesawat. Salah satunya, karena sedotannya yang kencang dan berisik.

Apalagi ada mitos yang dulu pernah berkembang. Konon, penumpang bisa tersedot ke dalam lubang toilet saat menekan tombol ‘siram’ sambil duduk.

Alasan kedua adalah, aroma tak sedap yang kadang tercium dari dalam toilet. Soal bau, para pramugari punya trik jitu untuk menanganinya.

Seperti yang diwartakan oleh News.com.au, Kamis (15/6/2017), awak kabin Norwegian Airlines mengaku sengaja menyeduh beberapa teko kopi hitam.

Cairan hitam itu kemudian dituangkan ke dalam sebuah cangkir, dan disiramkan ke dalam lubang WC. Kemudian, pramugari itu menekan tombol flush.

Trik itu dilakukan berkali-kali hingga bau tak sedap berubah menjadi aroma kopi.

Menurut Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Research Center di Chicago, kopi dinilai efektif karena memiliki kemampuan untuk menetralisasi bakteri dan mengenyahkan bau tak sedap.

Kesimpulan itu didapat oleh Hirsch setelah melakukan penelitian ekstensif mengenai pengaruh aroma kopi.

Dia mengatakan bahwa biji kopi bertindak sebagai pewangi netral dan menyeka bau lain yang mampu terhirup oleh indera penciuman manusia.

Kopi juga lazim digunakan untuk menyeka aroma yang telah mendominasi indera penciuman manusia menjadi aroma netral.

Maka tak jarang sejumlah toko parfum menyediakan semangkuk bubuk kopi untuk dihirup pelanggan saat akan mencoba berbagai jenis wewangian.

Aroma bubuk kopi mampu menetralisir wangi parfum yang telah dihirup oleh pengunjung, agar ia mampu mencoba jenis parfum lain tanpa tercampur dengan aroma wewangian yang sebelumnya.

Hal yang sama digunakan oleh para awak kabin Norwegian Airlines. Selain menuang kopi yang sudah diseduh ke dalam lubang WC, awak kabin juga menyediakan sekantung bubuk kopi di sudut ruangan toilet, karena mampu menyerap bau tak sedap bilik kamar mandi.

Jadi jika Anda menemukan toilet bau pada penerbangan berikutnya, mintalah pramugari untuk membawa kopi untuk menghilangkan aroma tak sedap.

Sumber | LIPUTAN6.COM 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.