oleh

Tiga Unit Ruko Samping Peucut Kherkof Dibongkar Paksa Dengan Alat Berat Excavator

Banda Aceh-Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP/ WH) Kota Banda Aceh membongkar tiga unit ruko berkonstruksi beton di Jalan Teuku Umar, Gampong Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, tepatnya di samping Peucut Kherkof, Selasa, 14 Agustus 2018.

Kasatpol PP/ WH Banda Aceh M Hidayat, mengatakan, pembongkaran tersebut dilakukan lantaran bangunan tersebut dinilai melanggar Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 tahun 2009 tentang RTRW Kota Banda Aceh 2009-2029 sebagaimana telah diubah dengan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 2 tahun 2018.

“Sebelum melakukan pembongkaran kami telah memberikan beberapa kali surat teguran kepada pemilik bangunan atas pelanggaran yang telah dilakukan. Pemilik bangunan juga telah diberikan kesempatan untuk membongkar sendiri bangunannya,” katanya di sela-sela proses penertiban.

Ia menjelaskan, pada awalnya bangunan tersebut dibangun oleh pemiliknya berdasarkan IMB tahun 2004. Namun dengan dikelurkannya Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 tahun 2009, IMB tersebut tidak sesuai lagi dengan RTRW yang baru. “Pemilik bangunan menggunakan izin yang lama, dan izin itu tidak berlaku lagi,” ujarnya.

Masih M Hidayat, pembongkaran paksa tersebut dilakukan pihaknya berdasarkan keputusan Walikota Banda Aceh Nomor 650/0873/2018 tertanggal 31 Juli 2018. “Karena setelah lima hari kerja sejak surat ini diterima maka haru ini dengan paksa kami membongkar bangunan tersebut,” terangnya.

Kepada seluruh pengusaha atau pemilik bangunan diminta sebelum mendirikan bangunan untuk mengurus surat izin terdahulu agar pembongkaran seperti dilakukan pihaknya ini tidak terulang lagi.[]

(Editor | Suandris)

Komentar

News Feed