full screen background image

Tokoh Laweueng Duek Pakat Terkait Rencana Pendirian Pabrik Semen

Share Button
tokoh laweueng

Sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Muara Tiga, kemukiman Laweueng, menggelar duek pakat (musyawarah), terkait rencana pendirian pabrik semen di daerah itu. (Foto | Ist)

Banda Aceh-Sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Muara Tiga, kemukiman Laweueng yang terdiri dari kalangan pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pemmuda Pelajar dan Mahasiswa (IPPM), menggelar duek pakat (musyawarah), terkait rencana pendirian pabrik semen di daerah itu.

Pertemuan bertajuk Pabrik Semen Berdiri Masyarakat Laweueng Mandiri tersebut berlangsung, Minggu, 15 Mei 2016, di aula kantor PKBI Aceh, kawasan Lamnyong, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, yang dilaksanakan atas inisiatif tokoh masyarakat Laweueng, baik yang berdomisili di Kota Banda Aceh maupun di Kecamatan Muara Tiga, Kemukiman Laweueng.

[Baca Juga : Ini Bocoran Rekomendasi Duek Pakat Tokoh Laweung]

Ketua panitia sekaligus ketua IPPM, Khairul Bahri, M. Isa, S.Thi, mengungkapkan, pertemuan tersebut guna mencari masukan dan solusi atas rencana pendirian pabrik semen di Laweueng dan dalam upaya mengetahui dampak yang ditimbulkan atas pendirian sebuah perusahaan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Dalam diskusi ini ada beberapa tokoh masyarakat yang menjadi narasumber untuk membahas legalitas pendirian pabrik semen tersebut, seperti amdal, dan manfaat serta kesejahteraan masyarakat setelah nantinya pabrik semen itu berdiri,” kata Khairul.

Sementara itu, tokoh muda Laweueng, Suadi Sulaiman yang sering disapa Adi Laweung turut mempertanyakan beberapa hal seperti amdal dan juga solusinya terkait rencana pendirian pabrik semen di laweung.

Turut hadir dan menjadi narasumber dalam kesempatan itu, akademisi dari Laweung Dr. Harun Ar-Rasyid Dosen FKIP Unsyiah, Drs. Zainal Abidin Awe, M.Si, dosen Fisip Unsyiah, H. Munawar Liza, Adi Laweung, Zakaria H. M. Yusuf, S.H.I, MM, Junaikar, SH (Putra Laweung).

Hadir juga tokoh muda Muara Tiga, Tgk. Fakrurazi, S.HI serta Tgk. Zainal Abidin (Anggota DPRK Pidie Dapil Laweung) dan Sufaini Syeiky dari AAA (Asosiasi Australia Achenese) perwakilan Geuchik Muara Tiga, perwakilan mungkin yang ada di muara tiga, ketua KPA Sagoe Laweung dan Ikatan Pemuda Palajar Mahasiswa Muara Tiga.

Hingga berita ini diturunkan, PENAPOST.COM, belum mendapat konfirmasi penjelasan dari pihak perusahaan yang akan mendirikan pabrik semen tersebut, terhadap beberapa hal yang mencuat dalam pertemuan tokoh Laweueng itu.

Reporter | Hidayat

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.