oleh

Visi Misi Cagub Aceh: Dari Damai hingga Kesetaraan Gender

debat-cagub
Suasana debat Pilkada Aceh. FOTO | METROTVNEWS.COM 

Banda Aceh-Enam pasangan calon gubernur Aceh memaparkan visi dan misi serta serangkaian program kerja, saat debat Pilkada Aceh, yang saat ini tengah berlangsung di Banda Aceh.

Pasangan Tarmizi Karim dan Machsalmina Ali menyatakan sudah memetakan dan membagi wilayah Aceh menjadi tiga wilayah yaitu wilayah timur, wilayah tengah, dan wilayah barat. Hal itu untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat serta memperluas lapangan kerja.

Perekonomian juga menjadi perhatian Abdullah Puteh. Dia menginginkan agar Aceh bisa bangkit dari keterpurukan, terutama kemiskinan. Oleh karena itu, pasangan nomor urut tiga ini akan membuka akses jalan bagi daerah-daerah terpencil di Aceh.

“Dengan akses jalan tersebut, maka akan membuka jalan untuk distribusi pemasaran hasil kebun,” kata Puteh, Kamis (22/12/2016).

Sementara itu Zakaria Saman menginginkan agar masyarakat Aceh hidup makmur dan sejahtera. Program itu, kata dia, bisa terwujud jika ada sumber daya manusia Aceh berkualitas.

“Kita membangun masyarakat berkualitas dengan menyediakan pendidikan yang dapat dijangkau hingga ke kampung-kampung,” ujar Zakaria.

Hal yang sama juga disebutkan Zaini Abdullah dan Nasaruddin. Selain pembangunan karakter, pasangan ini juga akan memperpanjang moratorium tambang sebagai salah satu sektor meningkatkan kesejahteraan Aceh.

Perdamaian tetap menjadi salah satu hal program yang juga disebutkan pasangan Zaini Abdullah, Muzakir manaf, dan Irwandi Yusuf. Ketiga mantan petinggi GAM ini sepakat damai menjadi salah satu jalan untuk proses kesejahteraan rakyat Aceh.

Irwandi Yusuf juga mengatakan akan memasukkan kesetaraan gender dalam program kerja jika terpilih.

Debat kandidat Pilkada Aceh disiarkan langsung Metro TV malam ini. Adapun tahapan debat kandidat yaitu penyampaian visi dan misi masing-masing calon kandidat, perpanjangan visi misi lewat pertanyaan, pembahasan isu faktual yang akan dijawab oleh pasangan calon, dan diakhirnya sesi tanya jawab oleh pasangan calon.

Pemilihan Gubernur Aceh 2017 diikuti enam pasang calon. Tiga pasangan berasal dari jalur perseorangan, yakni Zaini Abdullah-Nasaruddin, Zakaria Saman-Teuku Alaidinsyah, dan Abdullah Puteh-Sayed Mustafa.

Sedangkan tiga pasang lainnya diusung partai politik. Yakni, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, Muzakir Manaf-T.A. Khalid, dan Tarmizi A. Karim-T. Machsalmina.

SUMBER | METROTVNEWS.COM 

Komentar

News Feed