full screen background image

Wagub Aceh Tinjau Sejumlah Proyek di Aceh

Share Button
Paket-APBA

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat menggelar temu pers terkait kunjungan kerja peninjauan proyek di Aceh. FOTO | HENDRA SUKMANA

Banda Aceh-Wakil Gubenur Aceh, Nova Iriansyah belum lama ini melakukan kunjungan diberbagai  kegiatan pelaksanaan proyek di Aceh bersama seluruh perangkat SKPA terkait penyelenggaraan APBA 2017.

“Kunjungan yang kita lakukan untuk mengantisipasi, sifatnya antisipatif agar tidak terjadi pelanggaran masa kontrak dan  speksifikasi kualitas bangunan,” ujarnya Wagub Nova.
Hal itu disampaikan Nova Iriansyah, dalam temu pers dengan sejumlah wartawan, Senin, 23 Oktober 2017, di Banda Aceh.
Menurutnya, semua yang didatanginya itu yang berpotensi untuk terlambat indikatornya adalah jadwal. Sedangkan dari sisi teknis atau berdasarkan keppres yang terbukti terlambat yang akan didatangi  karna akan diberi konsultan pengawasnya.
Nah, untuk mengubah strategi atau metode pelaksanaan agar tidak seperti biasa yang sudah terbukti biasa terlambat.
“Yang under skedul devisiasi 0 sampai 20 persen itu yang kita datangi, kita beritahu apa yang harus dilakukan, ditambah serta dihindari,” jelasnya.
Masih kata Nova, normatifnya menambah tukang, mempercepat order material, menambah waktu kerja. Namun lanjut Wagub, ada juga metode kerja yang harusnya diubah dan berkonsultasi dengan konsultan pengawas sehingga menghasilkan metode lebih inovatif untuk bisa mengejar ketertinggalannya jadwal.
“Rata-rata kontrak biasanya berakhir 15 Desember, dan Insya Allah seminggu atau 10 hari sebelum masa kontrak berakhir akan dikirim Tim dibawah P2K untuk memeriksa apa apa saja yang sudah terselesaikan,” ujarnya.
Namun katanya lagi, jika akhirnya tidak juga terselesaikan semua itu akan dikembalikan  secara hukum perundangan undangan yang mengaturnya karena itu diluar kewenangan pemerintah provinsi.
Ketua P2K, Taqwalah, mengatakan secara persentatif kualitatif, jumlah paket di Aceh, plus Taman Mini, di Jawa Barat, sebanyak 3.158 paket termasuk Otsus/APBA dan sifatnya bervariatif.
Ia menyebutkan, dari 174 paket, 13 ditinjau oleh Wagub  dan 10 akan  dilakukan oleh Gubernur, Rabu, 25 Oktober 2017 nanti,” ungkapnya.
Taqwalah menilai, dengan kunjungan Wagub Nova sangat membatu pihak rekanan karena menguasai teknis konstruksi, seperti kunjungannya pada 9 proyek di Lampulo, Banda Aceh, dan banyak memberikan masukan.
Reporter | Hendra S
Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.