oleh

Wagub Nova Luncurkan Pelatihan Bergerak untuk Pelajar SMK

Share Button

Banda Aceh-Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, secara resmi melakukan peluncuran pelatihan bergerak Mobile Training Unit (MTU) untuk pelajar SMK, Jum’at, 23 Maret 2018, di Lobi kantor Gubernur Aceh.Peluncuran pelatihan bergerak Mobile Training Unit (MTU) ini sekaligus dirangkai dengan pelepasan magang siswa luar negeri, pada Boeing Company di Amerika Serikat.

Wagub mengatakan, penguatan dan pemberdayaan SMK harus terus dilakukan ke depan.Dalam kaitan ini, katanya, salah satu yang dilakukan adalah peningkatan kerjasama antara SMK dan dunia usaha dunia industri (dudi).

“Program yang dimotori oleh Dinas Pendidikan Aceh ini, diharapkan bisa membangun hubungan erat dan menjadi jembatan antara SMK dan Dunia kerja, sehingga keterampilan anak didik semakin update, dan pada saat bersamaan tuntutan terhadap tenaga kerja terampil dan handal bisa terpenuhi,” ujar Wagub Nova Iriansyah.

Nova mengatakan, Pemerintah Aceh telah menyiapkan program Aceh Carong untuk penguatan SDM Aceh ke depan, dimana salah satu fokus perhatiannya adalah membangun masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat nasional dan regional melalui peningkatan mutu pendidikan secara merata, baik pada pendidikan vokasional, dayah dan pendidikan umum.

“Pendidikan vokasional, yang dalam hal ini dimotori oleh SMK, menjadi penekanan kita, karena lulusan SMK merupakan tenaga kerja terampil siap pakai yang bisa langsung bekerja di bidangbidang spesifik terkini, yang memang banyak dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri saat ini.
Terlebih ia juga mengharapkan lulusan SMK harus menguasai bahasa asing baik secara lisan maupun tulisan, serta memiliki sertifikasi profesi sesuai dengan kebutuhan.

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat meluncurkan Mobile Training Unit (MTU), Jum'at, 23 Maret 2018, di Lobi Kantor Gubernur Aceh.
Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat meluncurkan Mobile Training Unit (MTU), Jum’at, 23 Maret 2018, di Lobi Kantor Gubernur Aceh.

Menurutnya, ada beberapa sub kegiatan dalam program ini, antara lain kegiatan unit pelatihan bergerak (Mobile Training Unit), pendidikan kecakapan hidup (broad base education), magang siswa dalam negeri serta magang siswa luar negeri, dan lainnya.

“Bukan hanya itu, santri dayah dan masyarakat umum juga berpeluang untuk ikut dalam program ini, sehingga dengan program ini nantinya akan meningkatkan persentase tenaga kerja berbakat dimasa usia produktif, dan dapat memberikan dampak positiv terhadap pemberdayaan SDM di
Aceh khususnya bagi siswa-siswi lulusan SMK, santri dan santriwati serta masyarakat umum usia produktif,” katanya.

Sebagai perwujudan dari program tersebut, katanya lagi, Pemerintah Aceh akan mengirim 10 orang putra-putri terbaik Aceh untuk magang sambil belajar di pabrik Boeing, Amerika Serikat.”Mereka yang telah diseleksi ini, kebetulan telah hadir bersama-sama kita di sini. Untuk itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Aceh, saya mengucapkan selamat kepada anak-anak kami semua. Semoga pengalaman dan pengetahuan yang akan kalian dapatkan di Amerika nanti bisa menjadi bekal yang kemudian kalian pergunakan untuk membangun dunia dirgantara Aceh ke depan,” sambung Wagub.

Kemudian, pada hari ini juga akan dilaksanakan peluncuran Mobile Training Unit (MTU) untuk mendukung praktik belajar bagi pelajar SMK di Aceh.”Harapan saya, agar sarana pelatihan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan tentunya dijaga dengan baik, agar kegiatan praktik belajar siswa bisa semakin maksimal dan berdayaguna,” harapnya.

Dalam kesempatan itu ia juga meminta segenap stakeholder pendidikan Aceh, untuk tidak henti-hentinya bekerja keras dan terus melahirkan inovasi yang terbaik.”Bangun koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak, agar pendidikan dan pembangunan SDM Aceh ke depan bisa meraih capaian yang kita cita-citakan bersama,” pintanya.[]

Reporter | Hendra S

Facebook Comments

Komentar

News Feed