oleh

Walikota Resmikan Gedung SGT Bantuan Jepang

Share Button
Peresmian gedung Safe Guard Tower (SGT), yang terletak dijalan Soekarno-Hatta, Kamis, 21 Desember 2017.Gedung tersebut dibangun atas kerjasama Unsyiah dan jepang.FOTO | HENDRA S
Peresmian gedung Safe Guard Tower (SGT), yang terletak dijalan Soekarno-Hatta, Kamis, 21 Desember 2017.Gedung tersebut dibangun atas kerjasama Unsyiah dan jepang.FOTO | HENDRA S

Banda Aceh-Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, meresmikan gedung Safe Guard Tower (SGT), yang terletak dijalan Soekarno-Hatta, Kamis, 21 Desember 2017.Gedung tersebut dibangun atas kerjasama Unsyiah dan jepang.

“Gedung ini pertama di indonesia dan diharapkan dapat diikuti oleh daerah lain yang rawan tertimpa bencana,” ujar Aminullah Usman.

Menurutnya, keberadaan gedung SGT ini sangat diperlukan untuk kesiagaan bencana gempa dan tsunami.Itu sebabnya, ia menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Jepang, Nippon Steel, SMIK dan Unsyiah yang telah ikut membantu proses pembangunannya.

Sebelumnya, kepala BPBD, Banda Aceh, Fadhil, mengatakan gedung SGT, dibangun salah satunnya karena daerah tersebut merupakan daerah rawan bencana. Dalam pengurangan bencana telah dilakukan uji laboratorium di Unsyiah.

Riset tersebut dilakukan untuk kesiagaan penanggulangan bencana.”Ada enam gedung mitigasi di Banda Aceh yang telah dibangun salah satunya gedung SGT ini. Dengan harapan gedung SGT tersebut dapat dipermanenkan pembangunannya,” kata Fadhil.

Kepala Laboratorium terpadu Unsyiah, Muzailin Affan, mengapresiasi pemerintah Jepang yang telah mendukung pembangunan gedung tersebut. Dimana, Aceh merupakan daerah tsunami dan gedung ini bisa digunakan untuk evakuasi dan bermanfaat untuk sekolah-sekolah dan riset mahasiswa.[]

Reporter | Hendra S

Facebook Comments

Komentar

News Feed