full screen background image

Warga Pulo Aceh Peringati 12 Tahun Tragedi Tsunami

Share Button
Warga sedang mencicipi kenduri dalam rangka mengenang 12 tahun Tsunami. FOTO | HIDAYAT PULO

Warga sedang mencicipi kenduri dalam rangka mengenang 12 tahun Tsunami. FOTO | HIDAYAT PULO

Aceh Besar-Warga gampong Gugop, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar menggelar acara kenduri mengenang 12 tahun tragedi dalam tsunami Aceh yang terjadi 26 Desember 2004 lalu. Kegiatan penuh haru itu berlangsung Minggu, 21 Agustus 2016, di menasah gampong Gugop, Kemukiman Pulo Breueh Selatan, Kecamatan Pulo Aceh.

Acara yang dihadiri ratusan warga dari beberapa gampong itu berlangsung haru. Sebagian warga bahkan terlihat sedang terduduk sayu seperti sedang mengenang orang-orang yang dicintainya di masa lalu.

Salah seorang warga gampong Gugop, Muhammad Reza kepada PENAPOST.COM menuturkan, acara tersebut digelar untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang tragedi tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 lalu itu, bahwa kehidupan ini pasti akan berakhir.

”Acara peringatan 12 tahun tragedi tsunami ini untuk memgingatkan kepada masyarakat kita bahwa kehidupan ini pasti akan berakhir,” kata Reza.

Dia juga berharap, kepada masyarakat selalu mengingat kepada keluarganya yang telah tiada dan selalu mengirimkan doa untuk kebaikan mereka meski sudah berbeda alam.

”Kita juga berharap masyarakat selalu mengingat keluarganya yang sudah tiada dan selalu mau berdoa, supaya mereka tenang di alam sana,” ujar Reza.

”Selain itu juga menjadi pelajaran untuk kita semua agar terus memperbaiki diri,” tambah dia.

Sementara itu, kapal transportasi dari gampong Gugop dan Seurapong, Kemukiman Pulo Breueh Selatan hari ini  dilaporkan tidak beroperasi, para pelaut juga diharapkan tidak ada yang melaut untuk mengenang tragedi tsunami yang telah merenggut setengah dari populasi warga Pulo Aceh khusus Kemukiman Pulo Breueh Selatan dan Pulo Breueh Utara pada 2004 lalu itu.

Reporter | Hidayat Pulo

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM