oleh

Ini Wasit Final Piala AFF Leg 2, Thailand Vs Indonesia

Share Button
mohammed-abdullah
Wasit Uni Emirat Arab, Mohammed Abdullah Hassan Mohammed (Daily Mail/VIVA.CO.ID

Final Piala AFF leg 2 antara Thailand vs Indonesia di Rajamangala Stadium, Bangkok, Sabtu 17 Desember 2016, akan dipimpin wasit asal Uni Emirat Arab, Mohammed Abdulla Hassan Mohammed. Ini merupakan keputusan dari AFF, selaku Subkonfederasi Sepakbola Asia Tenggara.

Abdulla baru pertama kali bertugas di Piala AFF. Menariknya, dia langsung ditunjuk sebagai wasit di final.

Bukan tanpa alasan Abdulla ditunjuk oleh AFF sebagai pemimpin laga di duel penting ini. Kapasitasnya sebagai salah satu wasit papan atas sudah diakui oleh AFC. Dari temuan VIVA.co.id, Abdulla ternyata merupakan wasit paling senior yang memegang lisensi FIFA di UEA.

Sepanjang kariernya, Abdulla sudah memimpin 55 laga internasional di level klub dan Timnas. Sepanjang 55 laga tersebut, pria 38 tahun itu sudah mencabut 183 kartu kuning, 13 kali mengusir pemain, dan memberikan 11 penalti.

Abdulla juga diketahui pernah memimpin laga Indonesia di pentas internasional. Tapi, levelnya Timnas U-23.

Itu terjadi pada Maret 2015 lalu, ketika Timnas U-23 melakoni laga kualifikasi Piala Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Abdulla dua kali memimpin laga Indonesia di kesempatan itu, ketika menang atas Timor Leste dengan skor 5-0, dan kalah telak dari Korea Selatan, 0-4.

Diketahui, seperti dikutip Daily Mail, Abdulla juga sempat membuat pelatih kawakan Italia, Marcelo Lippi, naik pitam. Pada perempatfinal Liga Champions Asia 2014, Abdulla bertugas memimpin laga Guangzhou Evergrande yang ditangani Lippi melawan Western Sydney Wanderers.

Abdulla mengusir dua pemain Guangzhou, Zhang Linpeng dan Gao Lin, dalam tempo satu menit (menit 89 serta 90). Lippi tak terima dengan keputusan tersebut. Kemudian, dia masuk ke lapangan hanya demi memprotes keputusannya.

SUMBER | VIVA.CO.ID 

Facebook Comments

Komentar

News Feed