full screen background image

Waspada Beli Ikan di Pasar Tradisional, Mengandung Formalin dan Bahan Kimia Berbahaya

Share Button
Ikan-Ilustrasi.FOTO | OKEZONE.COM

Ikan-Ilustrasi.FOTO | OKEZONE.COM 

Banda Aceh-Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Aceh mengimbau masyarakat agar waspada saat membeli ikan di pasar tradisional. Berdasarkan hasil pemeriksaan lapangan pihaknya menemukan adanya ikan yang mengandung bahan berbahaya.

“Hasil pemeriksaan yang sudah kita lakukan di kawasan pasar tradisional Banda Aceh dan Aceh Besar, di beberapa pedagang ikan kita menemukan bahwa ikan yang dijual itu adanya formalin atau bahan kimia berbahaya,” kata M. Darwin Syahputra, Kepala SKIPM Aceh, di Banda Aceh, Selasa (02/01/2018).

Berdasarkan hasil temuan itu, kata Darwin , bahwa ikan yang terjual di pasar tradisional tidak semuanya bagus untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Maka oleh sebab itu SKIPM Aceh berencana akan memberikan sosialisasi ke setiap pedagang mengenai sertifikasi pedagang dan pengumpul ikan.

“Kita akan mengajak semua pedagang nantinya untuk belajar cara mengolah ikan hasil tangkapan yang baik dan mereka akan kita berikan sertifikat setelah mengikuti pelatihan,” sebutnya.

Disisi lain, M. Dawrin melihat kualitas ekspor produksi ikan Aceh masih sangat lemah. Disebabkan produksi ikan baik itu secara tangkapan atau budidaya, kualitasnya masih belum memenuhi standar atau kualitas ekspor.

“Artinya jika kita hanya mengejar produksi tetapi tidak bisa mengejar standar yang dipasarkan, juga akan percuma nantinya. Itu yang paling penting,” katanya.

Untuk meningkatkan kualitas produksi dan ekpor hasil ikan Aceh, Darwin menyarankan, pemerintah Aceh tidak hanya mengejar produksi, namun bagaimana mengajak pengusaha atau masyarakat menangani dengan baik produk-produk hasil tangkapan laut itu.

“Bagaimana cara penanganan ikan yang baik, cara budidaya ikan yang baik, cara karantina ikan yang baik, itu wajib disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga ikan tersebut bisa memenuhi kualitas untuk ekspor,” pungkasnya.[]

Sumber | OKEZONE.COM 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.