full screen background image

WhatsApp Perkuat Keamanan Agar Tak Gampang Bobol

Share Button
whatsapp

FOTO | JALANTIKUS.COM (ilustrasi) 

Jakarta-Update terbaru WhatsApp menjanjikan keamanan lebih baik lagi bagi penggunanya. Pasalnya, layanan pesan instan ini menjanjikan verifikasi ganda yang mencegah akun dikerjai pihak tak bertanggung jawab.

Verifikasi tersebut akan hadir melalui update versi 2.16.341. Namun seperti dilansir Phone Arena, fitur ini awalnya masih dalam status dijajal oleh beta user. Meski demikian sepertinya tidak akan memakan waktu lama untuk sampai ke tangan pengguna awam.

Seperti diketahui, ketika pertama kali menggunakan akun WhatsApp penggunanya diharuskan memasukan nomor telepon. Yang kemudian sebagai langkah verifikasi, WhatsApp akan mengirimkan passcode via SMS ke nomor telepon yang didaftarkan.

Meski kelihatannya sudah cukup aman, WhatsApp masih melihat potensi kerentanan pada metode keamanan yang digunakannya itu. Pengguna masih bisa kecolongan akun miliknya bila nomor telepon yang terdaftar dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab.

Oleh karenanya dibuatlah verifikasi ganda. Jadi selain memasukkan nomor telepon, pengguna juga wajib mendaftarkan alamat email yang valid. Sehingga ketika suatu saat pengguna perlu mendaftarkan ulang akun WhatsApp miliknya, alamat email yang terdaftar juga akan diminta untuk verifikasi, selain passcode enam digit yang dikirim via SMS.

Improvisasi lainnya di update terbaru WhatsApp adalah kemampuan memutar audio di background. Maksudnya adalah bila pengguna mendapat pesan suara, kemudian diputar, isinya akan tetap bisa didengar meski ketika pengguna beralih ke aplikasi lain.

SUMBER | DETIK.COM 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.