full screen background image

Wow, Pesawat Luar Angkasa NASA Bakal ‘Tabrak’ Matahari

Share Button
wow-pesawat-luar-angkasa-nasa

FOTO | NASA/OKEZONE.COM 

California-Badan antariksa Amerika Serikat mengungkap pesawat luar angkasa atau probe yang akan menyentuh matahari. Saat ini probe berjarak 3,9 juta mil (6,2 juta kilometer) dari matahari.

Dilansir Standard, Kamis (1/6/2017), probe yang awalnya dinamakan Solar Probe Plus itu diubah menjadi Parker Solar Probe untuk menghormati astrofisikawan Eugene Parker. Eugene Parker berjasa terkait pemahaman manusia mengenai interaksi bintang dengan planet.

Probe tersebut akan bergerak menuju atmosfer matahari yang dikenal dengan sebutan corona. NASA merencanakan peluncuran misi bersejarah ini pada musim panas 2018 dan berharap misi ini bisa mengungkap banyak informasi sains.

Informasi sains yang dimaksud seperti mengetahui lebih baik tentang bagaimana bintang bekerja dan menjawab pertanyaan mengapa corona matahari lebih panas ketimbang permukaannya. “Parker Solar Probe akan menjawab pertanyaan tentang fisika matahari yang membuat kami bingung selama lebih dari enam dekade,” kata Nicola Fox dari Johns Hopkins University.

Menurutnya, probe dengan terobosan teknologi ini bisa mengungkap misteri besar mengenai matahari. Probe tersebut diharapkan mampu menempuh perjalanan 430 ribu mil (69.000 kilometer) per jam dan melakukan 24 kali orbit. Pesawat luar angkasa itu juga menahan panas ekstrem dan radiasi dari corona dengan temperatur hampir mendekati 1.377 Celsius.

Sumber | OKEZONE.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.