oleh

100 Even Atraksi Wisata Menantang Tahun Ini di Aceh, Apa Saja?

Banda Aceh-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh secara resmi melaunching Calender of Event (CoE) Aceh 2019. Peluncuran kelender even ini berlangsung Senin, 25 Februari 2019, di aula rapat dinas setempat.

Kegiatan yang mengusung tema “Aceh Hebat melalui Program Pesona Wisata 2019” dihadiri Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin, Kabid Pemasaran Rahmadhani, para Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di Aceh, serta pihak terkait lainnya.

Jamaluddin mengatakan, siap untuk melaksanakan even atau atraksi wisata berbasis alam, budaya dan berkarakter daerah yang telah dikurasi pihaknya yang dirangkum dalam kalender even ini dengan berkoordinasi kepada sejumlah pihak terlibat.

Ia mengatakan, peluncuran kalender even ini dilakukan untuk memperkenalkan ragam daya tarik wisata dan keunikan atraksi daerah kepada wisatawan, menarik minat berkunjung ke Aceh untuk menikmati pesona alam dan budaya serta kearifan lokal masyarakat Aceh.

Selain itu juga, dalam rangka mempromosikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata halal, tetapi juga untuk membangun semangat dan komitmen pemerintah dalam memperkenalkan daerah.

“Calender of Event Aceh 2019 juga direncanakan akan dilaunching oleh Menpar RI, Bapak Arief Yahya dan Plt Gubernur Aceh, Bapak Nova Iriansyah pada pertengahan Maret nanti di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar RI yang dihadiri oleh para pelaku usaha industri pariwisata nasional dan internasional serta lainnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada 100 even atraksi wisata yang akan dilaksanakan tahun ini. Seratus even itu tidak hanya berasal Pemerintah Aceh, namun juga dari Kabupaten/Kota serta pihak terkait lainnya.

“Disbudpar Aceh melakukan 47 even, Pemkab/Pemko melaksanakan 49 even dan pihak SKPA/Instansi Pemerintah melakukan 4 even.

Calender of Event Aceh 2019 ini dikemas unik dan menarik serta bernuansa wisata halal yang dibagi dalam 2 segmen yakni 10 Top Event Aceh 2019 dan 90 event unggulan Aceh 2019,” terangnya.

Khusus 10 even, katanya lagi, 3 even diantaranya masuk ke dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia 2019 Kemenpar RI yakni Aceh Culinary Festival 2019 (Banda Aceh 5-7 Juli, Saman Gayo Alas Festival (Blangkejeren 18 Agustus) dan Aceh International Diving Festival (Sabang 6-7 Oktober).

“Semakin banyak jumlah atraksi wisata yang akan digelar di Aceh, sebutnya, akan semakin maju dan berkembang destinasi wisata baru dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung,” imbuhnya.

Menurutnya, akan semakin viralnya pesona wisata Aceh di berbagai dunia maya dan bakal semakin terbukanya Aceh kepada wisatawan sebagai destinasi yang aman, nyaman dan menawan, pungkas Jamaluddin didampingi Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed