oleh

14 Pelajar SMA Wakili Provinsi Aceh ke FLS2N Nasional

Banda Aceh-Sebanyak 14 pelajaar SMA akan mewakili Provinsi Aceh pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional Tahun 2019 pada September mendatang di Bandar Lampung. Ini setelah mereka berhasil keluar sebagai juara I pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMA Tingkat Provinsi Aceh, yang dihelat sejak 23-27 Juli 2019, di Kota Banda Aceh.

Nah, FLS2N SMA Tingkat Provinsi Aceh berhasil menempatkan pelajar dari Kota Banda Aceh sebagai sang juara umum. Ajang yang diperuntukkan bagi siswa SMA se-Aceh ini diikuti 22 Kabupaten/Kota, terkecuali Kabupaten Simeulue yang gagal mengikuti even bergengsi itu dikarenakan faktor cuaca.

Kontingen Kota Banda Aceh menjadi juara umum setelah behasil mengantongi tiga tropi juara I, lima tropi juara II dan dua tropi juara III untuk kategori SMA di berbagai mata lomba.

Adapun para juara I pada cabang cipta puisi yaitu Dimas Putra Hadi Santosa (SMAN 1 Banda Aceh), cabang gitar solo Muhammad Djauza Zachri (SMAN 3 Banda Aceh), cabang tari berpasangan yaitu Muhammad Fauza Ruser dan Rauzhul Jinan (SMAN 12 Banda Aceh).

Berikutnya, juara II masing-masing diraih pada cabang kriya putri Arsa Cindy Safitri (SMAN 7 Banda Aceh), cabang vocal solo putra Maurel Cinta Rajasa (SMAN 3 Banda Aceh), cabang vocal solo putri Putri Nurhalizah (SMAN 11 Banda Aceh), cabang desain poster putri Ihfazna Ayuni (SMAN 12 Banda Aceh), cabang film pendek Miftahul Ihsan dan Berryl Chaliq Arrahman (SMA Labschool Unsyiah).

Sedangkan juara III masing-masing diraih pada cabang baca puisi Ade Hayatun Nufus (SMAN 11 Banda Aceh) dan cabang desain poster putra Muhammad Tsani Kasyfillah (SMA Labshool Unsyiah).

FLS2N SMA Tingkat Provinsi Aceh ditutup Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem Yacob, Sabtu (27/07/2019), di Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh.

Muslem Yacob mengatakan setiap anak memiliki kreasi dan seni sejak usia dini, semakin lama dan beranjak dewasa semakin tumbuh bakat seninya. Sehingga pemerintah dinilai perlu untuk memnfasilitasi penyaluran bakat tersebut melalui ajang FLS2N tersebut.

“Kami yakin karya seni yang baik adalah karya seni yang berasal dari karya orisinil dari peserta bukan ciplakan dari orang lain. Aceh memiliki banyak potensi yang memiliki bakat, tapi banyak yg belum dapat disalurkan karena masih minimnya ajang penyaluran kreatifitas yang dilaksanakan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan selamat kepada kontingen Kota Banda Aceh yang telah berhasil meraih juara umum pada FLS2N tahun ini. Setelah tahun lalu direbut oleh kontingen Kabupaten Aceh Besar.

“Bagi peraih juara I pada masing-masing bidang lomba diharapkan kepada para pelatih, official dan peserta, untuk dapat melakukan persiapan menuju ke tingkat nasional. Pembinaan dan latihan rutin agar terus dilakukan secara terukur dan terprogram setiap hari,” katanya meminta.

Menurutnya, ajang FLS2N Tingkat Nasional 2019 akan dilaksanakan pada Bulan September mendatang di Bandar Lampung. Pihaknya menargetkan untuk membawa pulang juara sebanyak-banyaknya agar Aceh mendapat tempat di tingkat nasional nantinya.

“Pelatih harus mengatur sampai ke pola makan dan menjaga berat badan para peserta agar terlihat ideal pada penampilannya. Berlatih, jaga kesehatan, jaga pola makan agar bisa tampil maksimal di FLS2N Nasional 2019,” tuturnya.

Intinya, kata Muslem, syarat mutlak untuk dapat bertanding di tingkat nasional yaitu percaya diri dan tidak pantang menyerah. Pihaknya akan memberikan apresiasi khusus bagi siswa yang meraih juara di tingkat Nasional.

Sebelumnya Kepala Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, mengatakan para juara I pada masing-masing lomba di tingkat Provinsi, berhak mewakili Aceh pada FLS2N tingkat Nasional pada Bulan September mendatang di Bandar Lampung.

“Hingga berakhirnya kegiatan, kontingen Kabupaten Simulue tetap tidak bisa berhadir, dikarenakan perjalanan laut masih belum memungkinkan dan untuk transportasi udara masih kurangnya anggaran dari panitia,” cetusnya.

Adapun ke empat belas siswa SMA yang terpilih mewakili Provinsi Aceh untuk mengikuti FLS2N SMA Tingkat Nasional 2019 di Bandar Lampung yaitu:1. Fathia Ruziqni (SMAN 8 Takengon) pada cabang baca puisi.

2. Dimas Putra Hadi Santosa (SMAN 1 Banda Aceh) pada cabang cipta puisi
3. Ardiansyah Cirro (SMAN Unggul Subulussalam) pada cabang monolog
4. Muhammad Rifyalusshidqi (SMAN Modal Bangsa) pada cabang kriya putra

5. Syarifah Fathimah Azzuhra (SMAN Modal Bangsa) pada cabang kriya putri

6. M. Fauzan Khaidir (SMAN 1 Langsa) pada cabang vocal solo putra
7. Kananda Putri Morisca (SMAN Modal Bangsa) pada cabang vocal solo putri
8. Muhammad Djauza (SMAN 3 Banda Aceh) pada cabang gitar solo
9. Afif Naufal (SMAN Modal Bangsa) pada cabang desain poster putra

10. Qunun Qifa (SMAN Unggul Ali Hasyimi) pada cabang desain poster putri
11. Daiyan Adhita Alghifari (SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe) pada cabang film pendek

12. Arief Alfitra (SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe) pada cabang film pendek
13. Muh Fauzan Ruser (SMAN 12 Banda Aceh) pada cabang tari berpasangan
14. Rauzhul Jinan (SMAN 12 Banda Aceh) pada cabang tari berpasangan

Turut hadir pada penutupan FLS2N tingkat Provinsi Aceh 2019, Kasi Pengembngan Aplikasi TIK UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Anwar M. Isa, Kepala Sekolah SMAN Modal Bangsa, Anwar, serta PPTK Disdik Aceh, Syukri Ali. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed