oleh

192 Peserta Bersaing di MTQ Tingkat Kecamatan Syiah Kuala

Banda Aceh-Sebanyak 192 peserta bersaing pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Syiah Kuala, sejak Sabtu 28 Juli 2018 malam hingga 1 Agustus nanti, di masjid Baitussalam.

MTQ ini memperlombakan 7 cabang, yakni Tilawah, Tahiz, Tartil, Khat, Syarhil, Fahmil dan MMQ.Sang juara pada MTQ tingkat Kecamatan ini selanjutnya akan dibimbing lagi untuk mempersiapkan diri menghadapi MTQ tingkat Kota Banda Aceh yang akan digelar beberapa bulan kedepan.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Syiah Kuala, mengatakan, MTQ tingkat Kecamatan harus menjadi agenda rutin yang digelar setiap tahunnya. Bahkan, ia meminta MTQ akan datang harus digelar mulai dari tingkat gampong.

“Prestasi Banda Aceh di MTQ tingkat provinsi masih biasa-biasa, bahkan cenderung menurun. Hal ini dikarenakan selama ini belum mampu mengoptimalkan potensi yang ada.Karenanya perlu kita gelar setiap tahun,” ujar Aminullah.

Masih kata Aminullah, Al-Qur’an mengandung nilai-nilai yang berhubungan dengan keimanan, syariah, akhlak serta peraturan-peraturan yang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia, baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial.

“Karenanya, mari kita jadikan MTQ sebagai sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita serta merekatkan tali silaturrahmi antar sesama kita.MTQ juga sebagai sarana membentengi masyarakat, terutama generasi muda dari derasnya arus perubahan sosial dan budaya,” katanya lagi.

Ketua panitia, Ismail Is menyampaikan MTQ yang diikuti 10 gampong dalam Kecamatan Syiah Kuala ini menyediakan hadiah berupa tropi piala bergilir kepada juaran umum. Piala bergilir ini diserahkan langsung oleh camat Syiah Kuala kepada ketua panitia untuk diperebutkan sesaat setelah pengukuhan dewan hakim.

“Para juara disetiap lomba juga diberikan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan,” jelasnya.[]

(Editor | M. Zairin)

Komentar

News Feed