oleh

23 Negara Kumpul di Sabang, Ini Agendanya

Sabang-Sebanyak 23 negara, Jum’at, 2 November 2018, berkumpul di Kota Sabang, Provinsi Aceh. Kedatangan tamu mancanegara tersebut untuk memeriahkan event Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018, Jum’at, 2 November 2018.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Amiruddin, pada open ceremony SIFC 2018 yang berlangsung di Hotel Mata Ie Resort, Sabang. Kegiatan tersebut dipusatkan di pelabuhan Balohan Sabang sejak 3-8 November 2018.

“SIFC 2018 mendapat animo tinggi dari para atlet diving mancanegara. Hal inilah yang membuat panitia terpaksa membatasi jumlah peserta untuk memaksimalkan event tersebut. Ada 40 peserta yang terdaftar dalam event SIFC 2018 ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan, mereka berasal dari  Austria, Cina, Jerman, Indonesia, Macau, Malaysia, Brunai Darussalam, Jepang, Hongkong, Hongaria, Korsel, Belanda, dan Filipina.

Selain itu, sebutnya lagi, adapula yang berasal dari Singapura, Swiss, Thailand, Rusia, Afrika Selatan, Taiwan, Ukraina, Swedia, Inggris dan Amerika Serikat.

“Para peserta akan mengikuti tiga jenis perlombaan di event ini. Ketiga jenis tersebut adalah Constant Weight yang diselenggarakan 3-4 November, Free Immersion 5-6 November, dan Constant Weight No Fins pada 7-8 November,” sebutnya lagi.

Menurutnya, mereka juga akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp100 juta atau sekitar $13,333 dengan kurs $1 setara Rp15 ribu.

SIFC 2018 bukanlah event internasional pertama kali yang digelar di Pulau Weh tersebut. Sebelumnya, Sabang juga pernah menjadi tuan rumah event Sail 2017 yang juga disemarakkan dengan kehadiran kapal pesiar dan parade yacht.[]

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed