oleh

47 Advokat FERARI Sumut Ambil Sumpah

Medan-Sebanyak 47 advokat dari Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) di bawah pimpinan DR (Yuris), DR (MP) Teguh Samudera SH MH dan pimpinan daerah Sumatra Utara Baginta Manihuruk, SH., MH mengikuti prosesi pengambilan sumpah di Pengadilan Tinggi Medan, Senin, (15/07/2019).

Disaksikan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan, Agustinus Silalahi, SH, MH dan Saksi dua yaitu Haris Munandar, SH, MH diharapkan para advokat yang baru ini nantinya bisa bekerja secara profesional dan mentaati kode etik advokat .

Pengambilan sumpah advokat FERARI ini digelar di di Aula Cakra, Pengadilan Tinggi Medan, dengan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Dr. H. Cicut Sutiarso, SH.M.Hum.

Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Cicut Sutiarso, mengingatkan agar ke- 47 advokat baru itu hendaklah menjadi dasar menjalankan profesi advokat tersebut.

Sebagai partner hakim dan Kepolisian dalam penegakan hukum, advokat dituntut untuk professional menjalankan fungsi advokasi dengan mengutamakan penegakan keadilan dan kebenaran.

“Sesama¬† profesi advokat jangan saling mendahului rekan se-profesi, sebagaimana kode etik yang ada. Harus saling asah, asih asuh dan saling mengingatkan apabila ada suatu ketidakpatuhan dan kelalaian. Seorang pengacara haruslah memiliki integritas dan kredibilitas,” katanya mengingatkan.

‚ÄúSelamat menjalankan profesi sebagai advokat, semoga saudara-saudari sekalian dapat menjalan profesi ini dengan baik dan memperoleh sukses, semoga Allah meridhai niat baik saudara,” katanya lagi.

Cicut Sutiarso juga berpesan kepada para advokat baru untuk menjaga kode etik, sehingga benar-benar menjadi penegak hukum, bukan malah melanggar hukum.

“Kepada advokat yang baru dilantik agar menjalankan tugas secara profesional dalam membela klien, sekaligus menjadikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) maupun hakim sebagai mitra kerja, meski di dalam persidangan kadang berdebat dalam membela klien untuk mencari kebenaran dan menegakkan keadilan,” lanjutnya.

Ketua Ketua Umum FERARI DR (Yuris), DR (MP) Teguh Samudera SH MH berharap kepada advokat yang baru di sumpah dapat menjalankan profesi dengan profesional dan religious tidak semata mata membantu orang dengan berharap imbalan uang.

“Kita juga berharap para advokat ini bisa mendukung program-program pemerintah terutama tentang program bantuan hukum kepada masyarakat miskin yang terjerat dengan persoalan hukum, ” ujar Teguh Samudera.

Teguh Samudera juga menyapaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Tinggi Medan yang telah tekun memberikan bimbingan kepada FERARI dalam pengambilan sumpah advokat hari ini.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan masukan dan bimbingan kepada FERARI selama ini, terutama Ketua Pengadilan Tinggi Medan dan juga Universitas Katolik Santo Thomas Medan yang selama ini telah berkeja sama dalam menggembleng melakukan pendidikan khusus advokat FERARI,” pungkas Teguh Samudera. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed