oleh

7.491 Warga Aceh Jaya Terdampak Banjir

Meulaboh-Bencana banjir dan longsor melanda Kabupaten Aceh Jaya, Aceh akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir. Sedikitnya ada empat kecamatan yang terendam banjir dengan jumlah warga terdampak sekitar 7.491 jiwa.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penganggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, Rimbawan mengatakan, empat kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Darul Himah, Pasie Raya, Setia Bakti dan Teunom. Ada 22 desa di dalamnya dengan jumlah warga terdampak 2.236 kepala keluarga.

“Sampai sore ini banjir masih terjadi. Kemungkinan akan meluas karena curah hujan tinggi,” kata Rimbawan saat dihubungi wartawan di Meulaboh, Aceh, Sabtu (24/11/2018).

Banjir merendam permukiman warga dan sejumlah ruas jalan di Aceh Jaya sejak Jumat (23/11/2018) kemarin malam. Hujan yang mengguyur beberapa hari terakhir membuat sungai di daerah tersebut meluap. Ketinggian air kini antara 20-100 sentimeter.

“Tim BPBK terus memantau kondisi debit air, monitoring daerah rawan banjir serta mendata korban terdampak banjir. Kondisi terakhir, beberapa wilayah sudah mulai surut, tetapi sebagian semakin tinggi (air),” ujar dia.

Bukan cuma banjir, longsor lereng gunung juga terjadi di lintas jalan nasional pada KM 132. Sementara ini, jalan dari Meulaboh menuju Banda Aceh masih ditutup sementara waktu, menunggu evakuasi reruntuhan dari petugas gabungan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Meulaboh – Nagan Raya, mencatat potensi hujan di pagi dan malam hari akan terjadi di wilayah barat dan selatan Aceh.

Selain itu, angin kencang berpotensi terjadi di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya (Abdya), Simeulue, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

“Untuk cuaca di barat selatan Aceh beberapa hari ke depan masih sama. Umumnya berawan tebal, ada potensi hujan di pagi dan malam hari, serta adanya potensi angin kencang,” tulis prakirawan BMKG Meteorologi Meulaboh, Angga Yudha.[]

(Sumber | INEWS.ID)

Komentar

News Feed