oleh

Aceh Barat Daerah Zona Pertanian

Meulaboh-Lahan pertanian yang cukup luas dan mayoritas masyarakat di Kabpaten Aceh Barat berprofesi sebagai petani, membuat darerah itu sebagai salah satu zona pertanian.

Demikian antaralain disampaikan Bupati Aceh Barat, H.T. Alaidinsyah, saat menghadiri khanduri blang sekaligus melakukan silaturahmi dengan masyarakat gampong Pasi Ara, Kecamatan Kaway XVI, Selasa 13 Oktober 2015.

“Disisi lain, pemerintah pusat menargetkan dalam tiga tahun, indonesia harus swasembada pangan,” ujar Bupati H.T. Alaidinsyah.

Kaitan dengan hal tersebut, kata dia, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat sangat serius dalam mengembangkan kegiatan bidang pertanian disamping juga sektor-sektor lainnya.

“Alhamdulillah, presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atas nama pemerintah pusat melalui kementerian pertanian telah memberikan dukungan kepada pemkab Aceh Barat yaitu dengan menyempurnakan pembangunan bendungan irigasi Lhok Guci hingga dapat berfungsi secara optimal,” katanya.

Irigasi itu, terang dia, akan mengairi 20 ribu hektar lahan sawah dan juga 5 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat. Disamping itu juga menteri pertanian akan memberikan bantuan program cetak sawah baru di tahun 2016 mendatang sebanyak 10.000 hektar.

“Upaya pembinaan dibidang pertanian, terus menunjukkan peningkatan. Hal ini terlihat bahwa luas daerah tanam pada tahun 2014 mencapai 22.361 hektar, kemudian luas panen menjadi 15.959 hektar dan menghasilkan produksi 83,227 hektar disertai produktifitas 5,22 hektar,” jelasnya memaparkan.

Data ini, lanjut dia, merupakan pencapaian positif yang telah melampaui target rencana pembangunan jangka menengah kabupaten Aceh Barat tahun 2014.

“Untuk itu, melalui momentum ini kami juga mengajak seluruh komponen termasuk para petani dapat berperan aktif, sesuai dengan tugas dan perannya masing-masing. Kepada Allah S.W.T kita mengucapkan syukur atas limpahan rahmatnya kepada daerah kita ini, khususnya disektor pertanian, karena begitu suburnya tanah kita yang dapat dikelola setiap tahunnya,” sambungnya.

Reporter | Khairul

Komentar

News Feed