oleh

Aceh Besar Siap Gelar Pilpres dan Pileg 2019

Kota Jantho-Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, hanya tersisa beberapa hari lagi, untuk memastikan pesta demokrasi di Kabupaten Aceh Besar berjalan lancar, Bupati Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda melakukan pengecekan logistik di Gudang Komisi Independen Pemilu (KIP) di Gedung Jantho Sport City (JSC), Kota Jantho, Selasa (9/4).

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali yang juga Tim Pemantau Pemilu Aceh, kepada wartawan mengatakan dari pemantauan terhadap kesiapan pemilu di Aceh Besar semua berjalan lancar, dari segi logistik KIP Aceh Besar sudah siap, tinggal didistribusikan ke kecamatan-kecamatan.

“Saat dilakukan distribusi logistiknya, tim pemantau pemilu dan juga Forkompinda akan mendampingi hingga sampai ketempat tujuan supaya berjalan lancar, sehinga tidak ada terkendala apa-apa, tidak kecurigaan dan betul-betul pelaksanaan pemilu 2019 secara terbuka, jujur, adil dan bersih sesuai dengan makna demokrasi itu sendiri,” ujar Mawardi.

Kepada pemilih di Kabupaten Aceh Besar, yang memiliki hak suara, Mawardi Ali berharap agar datang ke TPS jangan golput, karena memilih ini adalah hak masyarakat sebagai bentuk wujud dari demokrasi dan sebuah kedaulatan rakyat.

“Mari sama-sama merayakan pesta demokrasi ini sesuai dengan aturan dan senang hati memilih pemimpin yang sesuai dengan hati nurani masing-masing,” ajak Mawardi.

Ia menyatakan optimis pemilu di Aceh Besar akan terlaksana sukses, dari kepolisian sudah siap semua, dibackup TNI, Forkompinda dan semua unsur Pemerintah Aceh Besar dan KIP penyelenggara Pemilu. “Semua sudah siap, semoga tidak ada indikasi yang menyebabkan terjadi terkendala atau mengarah pada hambatan sukseskannya pemilu 17 April 2019 mendatang,” tandas Mawardi.

1.192 TPS

Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah menyebutkan jumlah TPS di kabupaten Aceh Besar sebanyak 1. 192 yang tersebar di 604 gampong (desa-red). Sementara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Aceh Besar sebanyak 266.700 orang. Khusus Aceh Besar memperebutkan 35 kursi DPRK dengan lima Daerah Pemilihan (Dapil).

“Jumlah itu sudah di pleno dan beberapa kali perubahan, yang terakhir diplenokan dan disetujui oleh Panitia Pengawas (Panwas) beserta partai politik dan juga umumnya TPS tidak mengalami kendala,” katanya.

Untuk distribusi logistik pemilu, kata Cut Agus, KIP Aceh Besar akan melakukan distribusi dalam waktu dua hari ini, hal ini dikarenakan ada sedikit keterlambatan datang formulir. Saat ini KIP Aceh Besar sedang. melakukan sortir formulir dan meminta sekretariat untuk bekerja all out.

“Artinya tidak ada jeda, berhubung kita banyak formulir dan TPS. Jangan sampai salah atau keliru dan pastinya dua hari ini akan kita distribusikan. Nanti akan kami sampaikan kepada pemerintah daerah dan TNI/ Polri untuk bisa di distribusikan atau perpindahan kotak beserta surat suara dan logistik lainnya ke kecamatan-kecamatan,” kata Cut Agus.

Terkait kotak suara yang rusak, Cut Agus mengakui ada beberapa kotak dan hal ini sudah djlaporkan kepada KPU, jadi sudah dilakukan antisipasi kekurangan atau kerusakan kotak suara.

“Jumlah surat suara yang rusak di Kabupaten Aceh Besar itu sebanyak 294 lembar, dengan rincian surat suara calon Presiden/Wakil Presiden 123 lembar, DPDRI 50, DPR-RI 53, DPRA 22 dan DPRK 46 lembar,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Ketua KIP Aceh Besar juga mengungkapkan untuk distribusi logistik ke Pulo Aceh akan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan pemilu, atau pada tanggal 16 April mendatang. Dikarenakan Aceh Besar memiliki dua pulau yakni Pulau Nasi dan Pulau Breuh dan disana tidak memiliki aula UDKP, maka KIP berinisiatif untuk distribusinya satu hari menjelang hari H.

“Artinya kotak suara, surat suara dan logistik lainnya, bisa langsung ke Gampong-gampong di pulau Breuh dan pulau nasi,” demikian Cut Agus.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali saat meninjau kesiapan logistik Pemilu 2018, selain di Gudang JSC Kota Jantho, juga melakukan kunjungan ke Kantor KIP Aceh Besar juga di Kota Jantho.

Bupati Mawardi Ali selain didampingi Ketua KIP Aceh Besar Cut Agus Fathillah, juga ikut bersama rombongan Kajari Aceh Besar Mardani SH, Sekdakab Drs Iskandar MSi, Wakapolres Kompol Pradana Aditya N SH SIK, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur pemantau pemilu serta TNI/ Polri. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed