oleh

Akhirnya, Buaya Sepanjang 3 Meter Ini Masuk Perangkap di Aceh Besar

Kota Jantho-Kini, warga di sekitar Krueng Kala, Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, sedikit lega atas munculnya seekor buaya akhir-akhir ini. Betapa tidak, satwa lindung tersebut pada Selasa, 16 Juli 2019 siang tadi akhirnya masuk dan terjebak dalam perangkap besi yang di pasang petugas BKSDA Aceh di aliran sungai tersebut.

Sebelumnya, warga setempat telah melaporkan  munculnya  buaya yang berukuran sekitar  3 meter itu ke pihak BPBD Kabupaten Aceh Besar.

Evakuasi seekor buaya di aliran sungai Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. (FOTO | BPBD ACEH BESAR)

Buaya tersebut telah dievakuasi ke kantor BKSDA Aceh di Banda Aceh. “Buaya yang sudah masuk perangkap dilihat warga yang sedang bekerja ditambaknya, kebetulan dekat dengan perangkap yang dipasang pihak BKSDA,” ungkap Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan AP, Selasa (16/07/2019)

Warga tersebut kemudian segera melaporkannya ke petugas piket Damkar BPBD Aceh Besar pos Kecamatan Lhoong. Menerima informasi warga itu, Farhan langsung melaporkannya ke pihak BKSDA untuk dilakukan penanganan selanjutnya yaitu evaluasi.

Sebagaimana dilaporkan operator Pusdalops BPBD Aceh Besar, Iqbal, munculnya buaya di muara sungai Krueng Kala itu pertama kali dilaporkan warga Krueng Kala kepada petugas BPBD Aceh Besar pos Lhoong pada 12 Juli 2019.

Warga khawatir kemunculan buaya itu menimbulkan korban jiwa, sehingga warga menyampaikan informasi tersebut ke petugas BPBD agar segera ditangani instansi terkait.

Informasi itu kemudian disampaikan Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan AP ke pihak BKSDA Aceh untuk dilakukan upaya penanganan agar tidak menimbulkan korban jiwa. Untuk memastikan informasi yang disampaikan warga tersebut, pihak BKSDA Aceh sendiri turun ke lokasi melakukan pengecekan tentang keberadaan buaya tersebut.

Tim BKSDA yang didampingi petugas BPBD Aceh Besar dilapangan menemukan sejumlah jejak kaki buaya dipasir muara sungai Krueng Kala tersebut. Tak berselang lama pihak BKSDA Aceh membawa perangkap besi dan diturunkan dialiran sungai Krueng Kala.

FOTO | BPBD ACEH BESAR

“Alhamdulillah satu ekor buaya sudah dievakuasi, tapi warga masih khawatir karena menurut mereka masih ada satu buaya lagi ditempat itu,” ujar Farhan.

Itu sebabnya, pihak BKSDA Aceh berencana akan kembali ke muara sungai Krueng Kala untuk memasang perangkap menangkap buaya tersebut.

“Pihak BKSDA Aceh akan merencanakan tindakan selanjutnya, setelah melakukan koordinasi dengan lembaga terkait lainnya,” imbuh Farhan. []

(Editor | M. Zairin)

Komentar

News Feed