oleh

Amin Yakub Pengusaha Bireuen yang Jadi Importir Pertama Honda ke Indonesia

Medan | Penapost.com Para pengusaha asal Aceh ternyata memiliki sejarah panjang dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Tak banyak yang tahu, importir sepeda motor pertama kali ternyata orang asli Aceh, persisnya Bireuen.

Pengusaha kaliber yang berhasil mendatangkan sepeda motor pabrikan asal Jepang itu ke Indonesia tak lain Amin Yakub. Bersama seorang temannya, Nasir mendirikan Firma Asnan Brother yang berkedudukan di Medan pada era 1950-an.

Melalui badan usaha inilah Amin kemudian mengendalikan peredaran sepeda motor ke seluruh pelosok nusantara.

Namun perannya di dunia otomotif nasional hanya berlangsung sekira satu dekade. Ketika roda pemerintahan beralih ke orde baru, hak mendatangkan sepeda motor Honda ini dialihkan Presiden Soeharto ke pihak lain.

Secuil kisah Amin Yakub ini terungkap setelah tokoh penting Aceh di Medan, Prof Hasballah Thaib menulis buku “99 Tokoh Masyarakat Aceh di Medan, Sumatera Utara”. Tak hanya kisah Amin yang dikupas, perjalanan T Banta Ali, pelopor pendiri Aceh Kongsi pun diceritakan dengan lugas.

“Saya ingin generasi muda tahu bagaimana perjuangan orang tua mereka pada masa itu. Seharusnya mereka yang hidup lebih nyaman, bisa melakukan lebih,” kata Hasballah, Rabu (7/10).

Namun buku ini baru akan diluncurkan Kamis (15/10/2015) pekan depan. Untuk edisi cetak pertama, buku setebal 218 halaman ini diterbitkan 1.000 eksemplar.

Sumber |Tribunnews.com

Komentar

News Feed