oleh

Apakah di Kantor Anda Ada Si Penjilat dan Si Biang Gosip?

marah
ilustrasi. FOTO | KOMPAS.COM 

PENAPOST.COM-Lingkungan sosial di kantor mencakup ragam karakter dan pribadi manusia, yang mungkin beberapa di antara mereka tak pernah Anda temui. Parahnya, kebanyakan dari mereka, tak menyadari sifat-sifat buruk tersebut mengganggu rekan kerja lainnya. Siapa sajakah mereka?

1. Si bossy
Karyawan yang suka berlaku seperti bos memang sangat menjengkelkan. Sebab, tipe yang demikian, acap kali bersikap lebih superior dibandingkan bos yang sebenarnya. Alhasil, mereka tak memiliki banyak teman dan bahkan dijauhi oleh rekan-rekan kerja lainnya di kantor.

2. Si anak emas
Si anak emas memiliki istilah keren tangan kanan si bos. Tipe karyawan seperti ini akan selalu mencari muka pada atasan, bahkan mereka tak ragu untuk mengadukan teman satu tim yang menyalahi aturan. Tujuannya, tentu saja ingin mendapatkan jabatan dan pujian dari si bos.

3. Si penjilat
Mereka selalu mengenakan ‘topeng’ di depan para atasan. Selalu mengemukakan prestasi tim kerja sebagai jerih payah sendiri. Tak ragu dalam mensabotase pujian dan penghargaan sebagai kinerja pribadi.

4. Si tukang tusuk dan munafik
Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan backstabber. Ciri-cirinya adalah selalu ramah dan manis di depan Anda, tapi menjatuhkan dan menjelek-jelekkan Anda di belakang. Memiliki sifat yang demikian membuat mereka kewalahan sendiri, mereka sulit percaya pada orang lain karena menganggap semua orang ingin menggagalkan usahanya menuju puncak.

5. Si biang gosip
Lalu lintas gosip di kantor bak jalan tol, cepat dan bebas hambatan. Anda harus waspada dengan si biang gosip. Sebab, jangan sampai urusan Anda berakhir menjadi konsumsi publik orang satu kantor.

6. Si kikir
Bersosialisasi di kantor sering membuat kita berhadapan pada situasi di mana kita harus menyumbangkan uang pribadi demi kebutuhan bersama. Biasanya, si kikir selalu menghindar dari hal yang demikian. Sebab, prinsip hidup mereka adalah menikmati secara maksimal dengan usaha yang minimal. Benar-benar menyebalkan!

7. Si pemalas
Tipe yang satu ini tak hanya membuat kesal, tapi juga sering memicu amarah. Bayangkan saja, di saat orang lain sibuk bekerja bahu membahu, mereka malah asyik bermalas-malasan dan menunggu hasil akhirnya saja.[]

Sumber | KOMPAS.COM 

Komentar

News Feed