oleh

Banda Aceh Juara Giat PMR SMK Tingkat Provinsi

Banda Aceh-Kota Banda Aceh keluar sebagai juara I Giat Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Provinsi. Ditempat kedua diraih Kabupaten Aceh Tengah dan juara tiga diperoleh Kota Langsa.

Lomba yang berlangsung sejak 25 Oktober 2018 lalu, di Grand Syariah Hotel, Lamdom, Banda Aceh itu di tutup Kabid SMA dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Aceh, Zulkifli, S.Pd, MPd atas nama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, Minggu (28/10/2018) malam.

Juara I tim siswa SMK Kota Banda Aceh diraih Mutia Fauziah, pada kategori Giat PMR Dara dan tiga gelar juara II di bidang siaga bencana, pertolongan pertama, doodle art kesehatan remaja, duta donor darah.

Kabid SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh, Zulkifli, S.Pd, MPd atas nama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, menyampaikan bahwa bagi yang nantinya juara untuk tidak berpuas diri dan teruslah pertahankan prestasi yang sudah ada demi menggapai segudang prestasi di berbagai even lainnya.

“begitu juga sebaliknya yang belum berhasil meraih juara, teruslah belajar, demi menggapai cita-cita, kekalahan bukanlah penghalang menuju kesuksesan, sesungguhnya kalian semua adalah juara dan siswa-siswi terbaik yang dikirimkan oleh setiap Kabupaten/Kota di Aceh,” katanya.

Pada kesempatan itu, Zulkifli menjelaskan, konsep pendidikan dikembangkan melalui mekanisme proses belajar mengajar melalui sekolah.

“Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu, guna memiliki pengetahuan akademik maupun non akademik, selain itu sekolah memiliki peranan sebagai media pengembangan diri, pengembangan kreativitas, dan pembentukan watak atau karakter dari peserta didik,” jelas Zulkifli.

Menurutnya, peran dan fungsi sekolah membentuk dan mempengaruhi proses tumbuh kembang anak yang dikelola melalui proses manajemen sekolah. Salah satu upaya untuk mewujudkan manajemen sekolah yang baik adalah dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler.

“Salah satunya melalui kegiatan Giat PMR yang di ikuti oleh siswa-siswi SMK selama tiga hari ini,” katanya.

PMR kata Zulkifli, sebagai wadah promosi dan pengembangan anggota muda dari Palang Merah Indonesia (PMI), yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat.

“Nah, anggota PMR salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan kesiapsiagaan bencana kemanusiaan, sektor kesehatan dan kebersihan, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional serta mengembangkan kapasitas organisasi Palang Merah Indonesia (PMI),” katanya lagi.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut siswa-siswi SMK bisa menambah ilmu dan pengalaman yang sangat berharga, apa yang di dapatkan dapat diaktualisasikan dan dipraktekkan terumatama dalam keluarga, di sekolah dan masyarakat.

“Ilmu yang di dapatkan hari ini tolong bagikan kepada teman-teman lainnya di sekolah maupun masyarakat. Sebab, dengan saling berbagi ilmu akan menjadi kita yang hebat serta bermanfaat bagi orang lain,” harapnya.[]

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed